TRANSFORMASI PENDIDIKAN ISLAM: STUDI KASUS PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DAN MANAJEMEN PESANTREN AL-MUJTABA
DOI:
https://doi.org/10.61595/dedication.v5i1.1098Keywords:
pendampingan, pembelajaran, manajemen pesantren, SMP Muhammadiyah BolonAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan manajemen pesantren yang efektif dan metode pengembangan ilmu bahasa yang inovatif kepada guru dan pengelola pesantren, serta meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterampilan berbahasa siswa, guna mendukung perkembangan holistik mereka. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, terutama dalam hal penguasaan metode pembelajaran bahasa dan manajemen pesantren. Banyak tenaga pendidik yang belum memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam mengajarkan metode pembelajaran bahasa yang efektif, seperti hafalan, diskusi intensif, dan metode-metode lain yang telah terbukti berhasil di pesantren. Instrument untuk mendapatkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Proses pelaksanaan pelatihan manajemen dilakukan melalui tahap analisis permasalahan mitra, tahap penyusunan materi pelatihan, tahap pelaksanaan pelatihan dan tahap evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah: 1. Peserta bertambah wawasannya tentang manajemen pesantren dan ketrampilan berbahasa. 2. Peserta mampu menggunakan Bahasa dalam pengembangan pembelajaran. 3. Penerbitan modul tentang manajemen pesantren
References
Amelia, C et al. (2025). Perencanaan Pendidikan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen dan Strategi. https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/
Abdussamad, Zuchri. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. syakir Media Press, 2021.
Astuti et al. (2023). Pendidikan Islam Dalam Menangani Tantangan Global. DOI : https://doi.org/10.55606/jurrafi.v2i1.1306.
Creswell. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, 2014
Dhofier, Z. (2011). Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES.
Mastuhu. (2003). Menata Ulang Pendidikan Pesantren. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Hamid. “Transformasi Pendidikan Islam Dalam Era Digital.” Jurnal Studi Pendidikan Islam 8, no. 2 (2021): 25–40
Hidayati, Supriyadi. “Pemanfaatan AI Untuk Penilaian Pembelajaran Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Dan Teknologi 15, no. 1 (2021): 68– 80.
Iswanthir dkk (2022). Manajemen pembelajaran berbasis akreditasi di pondok Pesantren Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam , Vol.11 No2 Juli-Desember 2022. DOI: 1055403
Sirad,J. (2023). Manajemen Pembelajaran Dalam Peningkatkan Prestasi dan Mutu Kelulusan Siswa Di Pesantren. DOI : https://doi.org/10.32832/djip-uika.v3i3.14854.
Muftahwais, Dwi Noviani, (2024). STRATEGI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI KRISIS GLOBAL. Volume 5 Nomor 10, Oktober 2024. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif.
Muin, Abdul. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Pesantren.” Jurnal Edukasi 9, no. 1 (2011). https://doi.org/10.32729/edukasi.v9i1.281
Mustofa, A., & Abdillah, A. “Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Islam 13, no. 2 (2020): 95–111
Rembangy, Musthofa. 2010. Pendidikan Transformatif : Pergulatan Kritis Merumuskan Pendidikan di Tengah Pusaran Arus Globalisasi. Yogyakarta: Teras.
Suprayogo, I. (2007). Manajemen Pesantren. Malang: UIN Malang Press.
Suprayogo, I. (2007). Manajemen Pesantren. Malang: UIN Malang Press.
Supratna, U. (2021). URGENSI MANAJEMEN PESANTREN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI. IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies – Vol.2, No.02, (2021), pp. 277-288.
Solviana, M. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid 19: Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1), 1–14.
Mastuhu. (2003). Menata Ulang Pendidikan Pesantren. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Qomar, M. (2007). Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga.
Wahid, A. (2019). Pengembangan Metode Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Modern. Al- Makrifat, 4(2), 1-18.
Wahidmurni. “Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif.” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 6 (2017): 67–72
Zalik Nuryana, (2019). “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam,” Tamaddun 19, no. 1
Zamroni, A. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Volume 1, Issue. 1, 2020, pp. 11-21.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mujazin Aly Bakir, Titis Setyabudi, Imron Rosyadi, Nuria Siswi Enggarani, Triono Ali Mustofa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.