OPTIMALISASI PROFESIONALISME GURU TPQ MELALUI PROGRAM TRAINING

Authors

  • Djoko Sri Bimo Universitas Terbuka Surakarta
  • Triono Ali Mustofa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Viky Nur Vambudi Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.61595/dedication.v3i2.956

Keywords:

profesionalisme, kemampuan, training, pembelajaran

Abstract

Data dari Kementerian Agama RI menunjukkan masih terdapat masyarakat muslim di Indonesia yang belum bisa atau belum lancar membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid. Padahal membaca Al-Qur’an merupakan salah satu bentuk implementasi beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. Oleh karena itu, pengabdian ini akan menitikberatkan pada peningkatan profesionalisme guru TPQ. Terdapat empat tahapan dalam pengabdian ini seperti perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pendampingan. Pengabdian ini berbentuk kegiatan training dengan peserta guru TPQ yang berada di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Dalam kegiatan training dipandu oleh narasumber yang berkompeten di dunia TPQ. Bentuk materi yang disampaikan pada kegiatan training terdiri dari materi teori dan materi praktek. Program Pengabdian Kepada Masyarakat telah sukses dilaksanakan di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali yang dihadiri sebanyak 24 guru TPQ. Peningkatan pemahaman dan kemampuan guru TPQ dalam pembelajaran TPQ hingga problem solving dalam mengelola TPQ menunjukkan hasil yang positif dari kegiatan training.

References

Arifin. (1995). Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum). Bumi Aksara.

Hosaini, H., & Kamiluddin, M. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dalam meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Pemecahan Masalah pada mata pelajaran Fikih. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 5(1), 43-53.

Hosaini, H., Zikra, A., & Muslimin, M. (2022). Efforts to improve teacher's professionalism in the teaching learning process. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 13(2), 265-294.

As’ad Humam. (1995). Konsep Naskah Buku Pedoman Pengelolaan dan Pengembangan TKA-TPA Nasional. Balai Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengajaran Baca Tulis Al-Qur’an.

Hosaini, H., & Kurniawan, S. (2019). Manajemen Pesantren dalam Pembinaan Umat. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(2), 82-98.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2023). Survei Kemenag, Indeks Literasi Al-Qur’an Kategori Tinggi. Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama. https://kemenag.go.id/nasional/survei-kemenag-indeks-literasi-al-qur-an-kategori-tinggi-w0A7W

Hosaini, H., Kandiri, K., Minhaji, M., & Alehirish, M. H. M. (2024). Human Values Based on Pancasila Viewed from Islamic Education. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(2), 539-549.

Hosaini, S. P. I. (2021). Etika dan profesi keguruan. CV Literasi Nusantara Abadi.

Firdaus, W., Eliya, I., & Sodik, A. J. F. (2020). The importance of character education in higher education (University) in building the quality students. In Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management (Vol. 59, pp. 2602-2606).

Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta.

Nisak, H. K. (2023). Manajemen Perubahan Tpq Yasin Al Falah Untuk Meningkatkan Kualitas Guru Madin , Di Desa Kuwonharjo , Kecamatan Takeran Kabupaten.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Alfabe.

Hosaini, H., Ni’am, S., & Khamami, A. R. (2024). Navigating Islamic Education for National Character Development: Addressing Stagnation in Indonesia's Post-Conservative Turn Era. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 14(1), 57-78.

Hosaini, H., Zikra, A., Readi, A., & Adhim, F. (2022). Solidaritas Sosial dalam Khataman Al-Qur’an Virtual antar Negara (Studi Fenomenologi pada Tradisi Kegiatan Virtual Tenaga Kerja Indonesia Mancanegara). JOURNAL OF QUR'AN AND HADITH STUDIES, 11(1), 87-104.

Hosaini, H., Manan, M. A., & Isnanto, D. (2023). Analisis Kinerja Guru Profesional Sertifikasi terhadap Kegiatan Pendidikan di Lingkungan Pondok Pesantren. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 123-128.

Safitri, M. N., Heryandi, M. T., Muzammil, M., Waziroh, I., Hosaini, H., & Arifin, M. S. (2022). Menanamkan Nilai Nilai Qur'ani dalam Membangun Karakter Santri. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 6(2), 40-52.

Ruzakki, H. (2021). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FIQIH DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH SYAFI'IYAH SUKEREJO. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(2), 175-192.

Hosaini, H., Subaidi, S., Hamzah, M. Z., Simbolon, N. Y., & Sutiapermana, A. (2024). Tawheed-Based Pedagogy: Empowering Islamic Education Through Community Engagement And Pesantren Tradition. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 353-360.

Arifin, S., Chotib, M., Rahayu, N. W. I., Hosaini, H., & Samsudi, W. (2024). Kiai's Transformative Leadership in Developing an Organizational Culture of Islamic Boarding Schools: Multicase Study. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 2608-2620.

Hosaini, H., Fitri, A. Z., Kojin, K., & Alehirish, M. H. M. (2024). The Dynamics of the Islamic Education System in Shaping Character. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 19(1), 79-98.

Hosaini, H., Fitri, A. Z., Kojin, K., & Alehirish, M. H. M. (2024). The Dynamics of the Islamic Education System in Shaping Character. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 19(1), 79-98.

Hosaini, H., Qomar, M., Fitri, A. Z., Akhyak, A., & Kojin, K. (2024). Innovative Learning Strategies for Islamic Religious Education Based on Merdeka Belajar Curriculum in Vocational High Schools. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(3), 966-981.

Qomar, M., & Badruzaman, A. (2024). Optimizing Learning Design for Islamic Religious Education in Islamic Boarding Schools: Efforts to Increase the Intelligence and Academic Quality of Students. Attanwir: Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 15(2), 152-165.

Tetikay, R. (2024). EDUCATIONAL TRANSFORMATION: STRENGTHENING THE FOUNDATION OF DIGITAL INTELLIGENCE IN THE EDUCATION SYSTEM. INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIAL AND EDUCATION, 1(2), 530-541.

Saputri, O. N., Nissah, K., & Arini, P. F. (2022). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Melalui Penguatan SDM di Desa Paron, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 75–81. https://doi.org/10.32764/abdimas_agama.v3i2.2877

Hosaini, H. (2018). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 2(1), 65-83.

Zuhairini dan Abdul Ghafir. (2004). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Islam. UM.

Downloads

Published

2024-10-21