PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK OLAHAN IKAN BANDENG MELALUI PENGGUNAAN E-COMMERCE PADA KELOMPOK PENGOLAH PERIKANAN MINA LIMBANGAN

Authors

  • Chairani Pravitasari Universitas Jenderal Soedirman
  • Elsa Puspasari Universitas Jenderal Soedirman,
  • Oki Anggraeni Universitas Jenderal Soedirman,

DOI:

https://doi.org/10.61595/dedication.v4i2.980

Keywords:

Peningkatan Daya Saing Usaha, Produk Olahan Ikan Bandeng, E-Commerce

Abstract

Kelompok Pengolah Perikanan Mina Limbangan adalah kelompok persatuan pelaku usaha produk olahan ikan Bandeng yang beralamat di RT. 04, RW. 06 Desa Limbangan, Kecamatan Ulujambi, Kabupaten Pemalang. Desa Limbangan merupakan wilayah pesisir pantai yang sebagian besar penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai nelayan ikan Bandeng. Kelompok Pengolah Perikanan Mina Limbangan beranggotakan 4 orang dan didirikan sejak tahun 2019 secara swadaya. Kelompok ini memproduksi dan memasarkan produk olahan Ikan Bandeng berupa Bandeng Presto. Saat ini terdapat beberapa hambatan yang perlu diatasi guna menjaga daya saing produk olahan Ikan Bandeng di Desa Limbangan. Jika dibandingkan potensi penjualan Ikan Bandeng yang tinggi, jumlah penjualan dan jangkauan pasar kelompok pengolah perikanan Mina Limbangan relatif rendah dan kecil. Anggota kelompok perikanan Mina Limbangan terdiri dari Ibu Rumah Tangga yang telah memasuki usia paruh baya dan kurang melek teknologi. Adanya kemajuan teknologi berupa e-commerce yang merupakan peluang guna pengembangan tidak bisa diikuti karena minimnya pengetahuan terkait hal tersebut. Kedua, guna mendukung proses distribusi produk yang dapat dibeli oleh konsumen dengan jarak yang jauh, diperlukan peningkatan sarana untuk menjaga kualitas produk tetap baik sampai di tempat tujuan.

References

Adiputra, Y. T., Chuang, J. L., & Gwo, J. C. (2012). Genetic diversity of Indonesia Milkfish (Chanos chanos) using Amplified Fragment Length Polymorphism (AFLP) Analysis. African Journal of Biotechnology, 11(13), 3055–3060.

Astuti, R. D., & Cahyono, E. (2022). Pengaruh e-commerce terhadap peningkatan pendapatan UMKM di sektor perikanan. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan, 23(1), 87-95. https://doi.org/10.23917/jep.v23i1.15678

Asyik, Nur Fadjrih., Wahidahwati, Rika Rahayu & Maratus Zahro (2023). Penguatan daya saing melalui inovasi produksi aneka olahan ikan bandeng di Gresik. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 110-121.

Indonesian Aquaculture Journal. (2024). [Berbagai artikel terkait budidaya dan inovasi produk ikan bandeng]. Indonesian Aquaculture Journal, 19(2). https://ejournal-balitbang.kkp.go.id/index.php/iaj

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2020). E-commerce 2020: Business, technology, society (16th ed.). Pearson.

Marjanah, Setyoko, Ayu Wahyuni. (2022). Diversifikasi produk olahan bandeng. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), 78-86.

Ng, W. (2012). Can we teach digital natives digital literacy? Computers & Education, 59(3), 1065–1078. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.04.016

Nilaigizi. Nilai Gizi Ikan Bandeng [Internet]. 2023 [cited 2023 Dec 30]. Available from: https://nilaigizi.com/gizi/detailproduk/865/Ikan-Bandeng,-segar

Nugroho, A. P., & Hidayat, S. (2021). Pengaruh literasi digital terhadap keberhasilan pemasaran produk perikanan melalui e-commerce. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 16(2), 235-244. https://doi.org/10.15578/jsekp.v16i2.8876

Porter, M. E. (1985). Competitive advantage: Creating and sustaining superior performance. Free Press.

Purwanti, E., Rosyidah, A., Murwani, I. K., & Ediati, R. (2019). Peningkatan kualitas aneka olahan bandeng: UMKM di Kelurahan Keputih. IPTEK Journal of Proceedings Series, 4, 18–20.

Pramudyo, B., & Lestari, W. (2021). Strategi pemasaran digital pada UMKM pengolahan hasil perikanan di masa pandemi COVID-19. Jurnal Manajemen dan Agribisnis, 18(2), 112-120. https://doi.org/10.17358/jma.18.2.112

Rahmawati, N., & Yuliana, S. (2021). Dampak pelatihan e-commerce pada peningkatan daya saing UMKM pesisir. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 22-30.

Ridloudin, Ahmad., Sapta Raharja, Suryahadi (2019). Strategi peningkatan daya saing ikan bandeng olahan di kota Serang Banten. Jurnal Manajemen dan Pengembangan Industri Kecil Menengah, 14(1), 76-82

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of innovations (5th ed.). Free Press.

Rosyidah, A., Ediati, R., & Murwani, I. K. (2021). Aneka olahan bandeng dan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan daya saing UMKM di Kelurahan Keputih. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(3), 270-277.

Sari, A., et al. (2020). Strategi penggunaan media sosial untuk peningkatan pemasaran produk perikanan. Jurnal Pengembangan Bisnis Perikanan, 8(2), 45-53.

Sari, D. P., et al. (2021). Implementasi e-commerce pada UMKM perikanan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Perikanan, 13(1), 67-74.

Sari, N. P., & Pratiwi, N. (2020). Inovasi produk olahan ikan bandeng untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing UMKM. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 23(3), 501-509. https://doi.org/10.17844/jphpi.2020.23.3.501

Susanti, R., et al. (2022). Pengaruh desain kemasan terhadap peningkatan penjualan produk UMKM. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 9(1), 88-97.

Vatria, B. (2013). Pengolahan ikan bandeng (Chanos-Chanos) tanpa duri. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Rekayasa, 7(2), 34-39.

Hosaini, H., Fitri, A. Z., Kojin, K., & Alehirish, M. H. M. (2024). The Dynamics of the Islamic Education System in Shaping Character. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 19(1), 79-98.

Sugihariyadi, M., Sholihuddin, M., Munir, M. M., Mahbubi, M., & Hosaini, H. (2025). Empowering Youth through Maslahat-Based Education: The Role of IPNU-IPPNU Mentoring in the Nahdlatul Ulama Family Welfare Movement in Rembang. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 17(2).

Supriadi, S., Hosaini, H., & Sain, Z. H. (2024). Transformation of Literacy-Based Islamic Education Learning Management Integration in Elementary Schools. International Journal of Social Learning (IJSL), 5(1), 294-304.

Minhaji, M., Hosaini, H., Prasetiyo, N. T., Maktumah, L., & Alehirish, M. H. M. (2024). Responsive Islamic Education in Exploring Social Values Through the War Takjil Phenomenon: Sociological Perspective in Indonesia. Jurnal Indo-Islamika, 14(1), 51-61.

Qomar, M., & Fitri, A. Z. (2024). Innovative Learning Strategies for Islamic Religious Education Based on Merdeka Belajar Curriculum in Vocational High Schools. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(3), 966-981.

Hosaini, H., Kandiri, K., Minhaji, M., & Alehirish, M. H. M. (2024). Human Values Based on Pancasila Viewed from Islamic Education. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(2), 539-549.

Wahyuni, S., & Santoso, D. (2023). Dampak pelatihan digital marketing terhadap peningkatan omzet UMKM pengolahan hasil perikanan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 77-86. https://doi.org/10.22146/jpkm.78901

Muis, A., Eriyanto, E., & Readi, A. (2022). Role of the Islamic Education teacher in the Moral Improvement of Learners. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3).

Wijaya, Muh. Bagus., Nurul Lathifah. (2022). Strategi peningkatan daya saing UMKM pengolahan bandeng di Gresik. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen, 5(1), 45-52.

Downloads

Published

2024-10-21

Issue

Section

Articles