Penerapan Metode Qiroatuna dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Qur’an di Madin Pondok Pesantren Sal-Syaf al-As’adiyah
DOI:
https://doi.org/10.61595/edukais.2017.1.2.128-138Keywords:
Metide Qiro’atuna, AL Qur’anAbstract
Sekarang ini banyak lembaga pendidikan baik formal/non formal berusaha mengadakan pelayanan membaca Al-Qur‟an. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kenyataan di madrasah diniyah al-As’adiyah menerapkan Metode Qiroatuna. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Metode Qiroatuna dalam meningkatkan kemampuaan membaca Al-Qur’an, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.Setelah mempelajari dan menganalisa Metode Qiroatuna Di Madrasah Diniyah As’adiyah balikeran Kertosari Asembagus Situbondo, maka penulis dapat mengambil suatu kesimpulan tentang Metode Qiroatuna Di Madrasah Diniyah As’adiyah balikeran.Pereencanaan yang ada di madrasah Diniyah di pondok pesantren al-As’adiyah balikeran guru sebelum mengajar Metode Qiroatuna harus mempersiapkan alat peraga, media seperti kartu huruf-huruf hijaiyah untuk anak- anak pra TK. Dan untuk santri untuk mempersaipkan pembukaan dan di lanjutkan dengaan pembacaan surat-surat pendek, hafalan do’a-do’a sebelum belajar.Pelaksanaan yang ada di madrasah diniyah guru dalam penerapannya menggunakan metode klasikal dengan media qiroatuna dan siswa/santri membaca sendiri-sendiri dan stor maju ke depan sesuai dengan jilib masing-masing. Evaluasi yang di gunakan di madrasah diniyah semua para guru menggunakan tes.Kegiatan evaluasi ini biasa dilakukan oleh guru mata pelajaran pada setiap akan memberikan materi baru, dengan tujuan untuk mengidentifikasi tarap kemampuan siswa dalam menyerap materi yang akan disampaikan
References
Zuhairi Misrawi, Revitalisasi islam” Supriyadi, A., Patmawati, F., & Waziroh, I. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS JENIS TUNARUNGU PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 7(2), 177-188.
Hosaini, H. (2020). Pembelajaran dalam era “new normal” di pondok pesantren Nurul Qarnain Jember tahun 2020. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 14(2), 361-380.
Samsudi, W., & Hosaini, H. (2020). Kebijakan Sekolah dalam Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Digital di Era Industri 4.0. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(2), 120-125.
Mahtum, R., & Zikra, A. (2022, November). Realizing Harmony between Religious People through Strengthening Moderation Values in Strengthening Community Resilience After the Covid 19 Pandemic. In The 4th International Conference on University Community Engagement (ICON-UCE 2022) (Vol. 4, pp. 293-299).
Hosaini, H., & Samsudi, W. (2020). Menakar Moderatisme antar Umat Beragama di Desa Wisata Kebangsaan. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(1), 1-10.
Hosaini, H., & Kurniawan, S. (2019). Manajemen Pesantren dalam Pembinaan Umat. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(2), 82-98.
Muis, A., Eriyanto, E., & Readi, A. (2022). Role of the Islamic Education teacher in the Moral Improvement of Learners. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3).
Halim, A., Hosaini, H., Zukin, A., & Mahtum, R. (2022). PARADIGMA ISLAM MODERAT DI INDONESIA DALAM MEMBENTUK PERDAMAIAN DUNIA. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, 1(4), 705-708.
Zukin, A., & Firdaus, M. (2022). Development Of Islamic Religious Education Books With Contextual Teaching And Learning. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).
Hosaini, H., Zikra, A., & Muslimin, M. (2022). EFFORTS TO IMPROVE TEACHER'S PROFESSIONALISM IN THE TEACHING LEARNING PROCESS. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 13(2), 265-294.
Salikin, H., Alfani, F. R., & Sayfullah, H. (2021). Traditional Madurese Engagement Amids the Social Change of the Kangean Society. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 7(1), 32-42.
Hosaini, H., & Fikro, M. I. (2021). PANCASILA SEBAGAI WUJUD ISLAM RAHMATAN LI AL-ALAMIIN. Moderation| Journal of Islamic Studies Review, 1(1), 91-98.
Hosaini, H. (2020). Ngaji Sosmed Tangkal Pemahaman Radikal melalui Pendampingan Komunitas Lansia dengan sajian Program Ngabari di Desa Sukorejo Sukowono Jember. As-Sidanah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 159-190.
Agustin, Y. D., Hosaini, H., & Agustin, L. (2021). ANALYSIS OF THE IMPACT OF EARLY MARRIAGE ON ADOLESCENT REPRODUCTIVE HEALTH BASED ON HEALTH PERSPECTIVES AND ISLAMIC RELIGION. UNEJ e-Proceeding, 103-107.
Hosaini, H., & Kamiluddin, M. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dalam meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Pemecahan Masalah pada mata pelajaran Fikih. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 5(1), 43-53.
Hosaini, H. (2020). PEMBELAJARAN DALAM ERA “NEW NORMAL” DI PONDOK PESANTREN NURUL QARNAIN JEMBER TAHUN 2020. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 14(2), 361-380.
Hosaini, H. (2019). Behauvioristik Basid Learning Dalam Bingkai Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali:(Pembelajaran Berbasis Prilaku Dalam Pandangan Pendidikan Islam). Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(1), 23-45.
Muslimin, M., & Hosaini, H. (2019). KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT AL-QUR’AN DAN HADITS. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 4(1), 67-75.
Hosaini, H., & Erfandi, E. (2017). Studi Komparasi Konsep Pendidikan Karakter Menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Ki Hadjar Dewantara. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 1(1), 1-36.
Agustin, L., Rahayu, L. P., Hosaini, H., Agustin, Y. D., & Utami, C. B. (2022). Penyuluhan Kesehatan Reproduksi pada Remaja dalam Perspektif Kesehatan dan Hukum. DEDICATION: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 16-21.