Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Aspek Keerampilan pada Materi Tajhizul Mayit

Authors

  • Abdul Halim STAI Cendekia Insani Situbondo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61595/edukais.2018.2.1.21-39

Keywords:

Pengembangan instrumen penilaian kompetensi keterampilan, dan teknik penilaian praktik, portofolio, dan projek

Abstract

Instrumen penilaian sebagai tolok ukur untuk mengetahui besarnya siswa dalam proses pembelajaran. Instrumen penilaian merupakan bagian dari proses pembelajaran yang harus dilakukan secara menyeluruh dan berkesinambungan. Hasil observasi di SMK Ibrahimy 2 Sukorejo khususnya materi pelajaran pendidikan agama Islam menunjukkan penilaian hanya dilakukan dengan tes dan hanya terbats pada penilaian pengetahuan. Sedangkan untuk penilaian keterampilan pada materi tajhizul Mayyit guru hanya menilai denga tugas-tugas dan pengamatan.  Penilaian keterampilan dengan cara tersebut tentunya kuran tepat, oleh karena itu diperlukan instrumen  penilaian yang tepat dan berkualitas untuk menilai aspek keterampilan. Berdasarkan latar belakang di atas Fokus masalah yang diambil pada penelitian ini adalah bagaimana teknik penilaian untuk mengukur aspek keterampilan pada materi tajhizul mayyit kelas XI SMK Ibrahimy 2 Sukorejo dan bagaimana validitas dan reliabilitas instrumen penilaian untuk mengukur aspek keterampilan pada materi tajhizul mayyit di kelas XI SMK Ibrahimy 2 Sukorejo. Untuk menjawab kedua pertanyaan ini, peneliti mengadopsi prosedur pengembangan yang dilakukan oleh Borg dan Gall dalam pendidikan meliputi sepuluh langkah. Walaupun tidak secara keseluruhan dapat di laksanakan. Karna keterbatasan waktu dan biaya.  Hasil pengembangan ini, menghasilkan satu produk instrumen penilaian yang berjudul “teknik penilaian keterampilan pada materi tajhizul mayyit”. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, instrumen penilaian ini secara umum sudah baik. Hal ini bisa di buktikan dengan tanggapan dan penilaian yang telah dilakukan oleh tim ahli serta dengan melakukan uji coba lapangan terbatas, dan dapat simpulkan bahwa instrumen penilaian ini dapat membantu dan memudahkan guru dalam proses pembelajaran

References

Zuhairi Misrawi, Revitalisasi islam” Supriyadi, A., Patmawati, F., & Waziroh, I. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS JENIS TUNARUNGU PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 7(2), 177-188.

Hosaini, H. (2020). Pembelajaran dalam era “new normal” di pondok pesantren Nurul Qarnain Jember tahun 2020. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 14(2), 361-380.

Samsudi, W., & Hosaini, H. (2020). Kebijakan Sekolah dalam Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Digital di Era Industri 4.0. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(2), 120-125.

Mahtum, R., & Zikra, A. (2022, November). Realizing Harmony between Religious People through Strengthening Moderation Values in Strengthening Community Resilience After the Covid 19 Pandemic. In The 4th International Conference on University Community Engagement (ICON-UCE 2022) (Vol. 4, pp. 293-299).

Hosaini, H., & Samsudi, W. (2020). Menakar Moderatisme antar Umat Beragama di Desa Wisata Kebangsaan. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(1), 1-10.

Hosaini, H., & Kurniawan, S. (2019). Manajemen Pesantren dalam Pembinaan Umat. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(2), 82-98.

Muis, A., Eriyanto, E., & Readi, A. (2022). Role of the Islamic Education teacher in the Moral Improvement of Learners. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3).

Halim, A., Hosaini, H., Zukin, A., & Mahtum, R. (2022). PARADIGMA ISLAM MODERAT DI INDONESIA DALAM MEMBENTUK PERDAMAIAN DUNIA. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, 1(4), 705-708.

Zukin, A., & Firdaus, M. (2022). Development Of Islamic Religious Education Books With Contextual Teaching And Learning. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).

Hosaini, H., Zikra, A., & Muslimin, M. (2022). EFFORTS TO IMPROVE TEACHER'S PROFESSIONALISM IN THE TEACHING LEARNING PROCESS. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 13(2), 265-294.

Salikin, H., Alfani, F. R., & Sayfullah, H. (2021). Traditional Madurese Engagement Amids the Social Change of the Kangean Society. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 7(1), 32-42.

Hosaini, H., & Fikro, M. I. (2021). PANCASILA SEBAGAI WUJUD ISLAM RAHMATAN LI AL-ALAMIIN. Moderation| Journal of Islamic Studies Review, 1(1), 91-98.

Hosaini, H. (2020). Ngaji Sosmed Tangkal Pemahaman Radikal melalui Pendampingan Komunitas Lansia dengan sajian Program Ngabari di Desa Sukorejo Sukowono Jember. As-Sidanah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 159-190.

Agustin, Y. D., Hosaini, H., & Agustin, L. (2021). ANALYSIS OF THE IMPACT OF EARLY MARRIAGE ON ADOLESCENT REPRODUCTIVE HEALTH BASED ON HEALTH PERSPECTIVES AND ISLAMIC RELIGION. UNEJ e-Proceeding, 103-107.

Hosaini, H., & Kamiluddin, M. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dalam meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Pemecahan Masalah pada mata pelajaran Fikih. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 5(1), 43-53.

Hosaini, H. (2020). PEMBELAJARAN DALAM ERA “NEW NORMAL” DI PONDOK PESANTREN NURUL QARNAIN JEMBER TAHUN 2020. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 14(2), 361-380.

Hosaini, H. (2019). Behauvioristik Basid Learning Dalam Bingkai Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali:(Pembelajaran Berbasis Prilaku Dalam Pandangan Pendidikan Islam). Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(1), 23-45.

Muslimin, M., & Hosaini, H. (2019). KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT AL-QUR’AN DAN HADITS. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 4(1), 67-75.

Hosaini, H., & Erfandi, E. (2017). Studi Komparasi Konsep Pendidikan Karakter Menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Ki Hadjar Dewantara. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 1(1), 1-36.

Agustin, L., Rahayu, L. P., Hosaini, H., Agustin, Y. D., & Utami, C. B. (2022). Penyuluhan Kesehatan Reproduksi pada Remaja dalam Perspektif Kesehatan dan Hukum. DEDICATION: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 16-21.

Downloads

Published

2018-07-02