Upaya Pembina Pramuka dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Melalui Ekstrakurikuler Pramuka di SMK Negeri 1 Situbondo

Authors

  • Halimatus Halimatus Sa'diyah STAI Cendekia Insani
  • Santoso Santoso STAI Cendekia Insani Situbondo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61595/edukais.2022.6.1.30-45

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler kepramukan merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan bakat dan minat serta karakter krdisiplinan anak. Akan tetapi, pada hakekatnya di lapangan banyak siswa yang masih memiliki kesadaraan kedisiplinan yang kurang baik. Sehingga peneliti mengadakan penelitian dengan rumusan masalah: 1.Bagaimana upaya pembina dalam membentuk kedisiplinan siswa dalam mengikuti ekstra kurikuler pramuka ?; 2.Bagaimana upaya pembina memperbaiki kedisiplinan siswa yang sering tidak hadir pada saat kegiatan ekstrakurikuler pramuka berlangsung? Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana cara pembentukan karakter disiplin di SMK N 1 Situbondo. Dalam penelitian ini menggunakan data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dianalisis secara kualitatif. Daerah penelitian yang dimaksud adalah SMK Negeri 1 Situbondo.. Dalam penelitian ini digunakan berbagai macam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif terdiri dari empat tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan uraian pada temuan peneliti pembahasan maka dapat disimpulkan tentang Upaya Pembina Pramuka Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Melalui Ekstrakurikuler Pramuka Di SMK Negeri 1 Situbondo sebagai berikut: Upaya Pembina Pramuka Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa dengan cara pemberian sanksi dan hukuman yang diberikan disekolah.

Downloads

Published

2022-07-21