Penerapan Progam Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa

Authors

  • Edi Ainur Rofiq PAI FT. IAI Syarifuddin Wonorejo Lumajang, Indonesia
  • Andik Sugiarto PAI FT. IAI Syarifuddin Wonorejo Lumajang, Indonesia
  • Wardatul Ashfiah PAI FT. IAI Syarifuddin Wonorejo Lumajang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61595/edukais.2022.6.1.46-60

Keywords:

Program Literasi, Minat Baca

Abstract

Untuk menerapkan metode pembelajaran yang dapat menyenangkan siswa dan tidak membosankan terhadap pembelajaran hal mana pembudayaan literasi saat ini yang bisa dikatakan sangatlah kurang telah menjadi peghambat bagi semua kalangan khususnya bagi siswa yang mana siswa itu sendiri identik dengan membaca dan menulis bahkan bukan hanya sekedar itu melainkan memahami suatu masalah atau pelajaran dengan baik. Pendidik atau guru dan peserta didik sebagai obyek dalam penelitian ini. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data peneliti menggunakan penarikan kesimpulan dari keseluruhan hasil penelitian.Hasil dari keseluruhan penelitian bahwasanya penerapan Progam literasi dalam meningkatkan minat baca dan hasil belajar siswa adalah (1) penerapan Progam literasi dilakukan selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai (2) menumbuhkan sifat percaya diri dan keingin tahuan atas suatu informasi atau pelajaran. Selain itu ada pula beberapa faktor penghambat atas minat baca siswa salah satunya yaitu kurangnya sarana dan prasana seperti buku yang disajikan hanya buku pemebelajaran namun itu bisa diperbaiki dengan cara memfasilitasi buku baca yang tidak hanya buku pelajaran saja melainkan dengan buku-buku cerita rakyat.

Downloads

Published

2022-07-21