Penguatan Pendidikan Karakter sebagai Bentuk melestarikan Kearifan Lokal di Mushalla Nurul Yaqin
DOI:
https://doi.org/10.61595/edukais.2023.7.1.19-34Abstract
Mushalla sebagai lembaga informal memiliki peran penting dalam penguatan pendidikan karakter anak didik/santri, terutama karakter spiritual dan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah: 1) penguatan pendidikan karakter di mushalla Nurul Yakin Sukorejo Banyuputih Situbondo meliputi aspek spiritual, aspek sosial dan aspek lingkungan. Aspek spiritual meliputi: penguatan pendidikan Al-Qur’an, penguatan pendidikan shalat, penguatan bacaan wirid. Penguatan karakter sosial meliputi kepedulian terhadap guru dan teman. Aspek peduli lingkungan meliputi menjaga kebersihan di mushalla;2) kendala yang dihadapi meliputi faktor intern dan ekstern.Faktor intern adalah faktor kemauan anak sendiri. Sedangkan faktor ekstern adalah dari orang tua dan lingkungan, termasuk faktor teman.