Peran Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan

Authors

  • Muharofah Safitri Universitas Bondowoso, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61595/edukais.2018.2.2.126-142

Keywords:

Kepala Madrasah, Peningkatan Mutu, Pendidikan

Abstract

Peran Kepala Madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Al-Barokah adalah Peningkatan kualitas guru, menetukan pembagian tugas guru, melaksanakan tugas dengan profesional, merekkrut tenaga pengajar sesuai dengan jurusannya, melengkapi sarana dan prasarana madrasah, meningkatkan prestasi siswa dalam bidang akademik dan non akademik, serta meningkatkan hubungan madrasah dengan masyarakat. Faktor pendukung  Kepala Madrasah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan adalah adanya tenaga pengajar yang sesuai dengan profesinya, adanya sarana dan prasarana, anggaran oprasional, kerjasama yang baik antar Kepala Madrasah dengan masyarakat, komite dan pemerintah, lingkungan yang kondusif, motifasi orang tua terhadap peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masih kurang adanya komunikasi antar karyawan dan belum memiliki lapangan sepak bola. Beberapa cara Kepala Madrasah dalam memanfaatkan dukungan peningkatan mutu pendidikan adalah menempatkan guru sesuai kompetensinya, menggunakan sarana dan prasarana dengan tepat dan baik, menggunakan anggaran efisien dan tepat guna, mengikut sertakan masyarakat dan mengefektifkan komunikasi dengan komite dan pemerintah, menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar, menjaga komunikasi dengan wali murid. Sedangkan mengatasi hambatannya dengan cara melakukan rapat intern setiap bulan 2 kali sekali dan melakukan pendekatan kepada tokoh masyarakat dan kepala desa untuk menggunakan fasilitas lapangan yang ada di desa padasan.

References

Anwar, Desi. 2002, Kamus Bahasa Indonesia Modern. Surabaya: Amelia.

Arifin, Imron, Dr, H, M.Pd. 2007, Strategi Kepala Sekolah Gapai Prestasi Juara UKS. Malang : Aditya Media.

Arikunto, Suharsini. 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Teknik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

A, Pobert, Sutermeister. 1976, People and Productivity. New York, McGraw Hill Book Company.

Arsyad, Muhammad, mencermati Standar Kepala Sekolah, www.pendidikanNetwork.co.id di akses 04 april 2013.

Arsyad, Azhar, 2002. Pokok – Pokok Manajemen, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Damayanti, sri. 2008, Profesionalisme Kepala Sekolah. (online) Http://Akmudsudrajat.wordpress.com diakses 02 April 2013.

Danim, Sudarwan. 2005, Visi Baru Manajemen, Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta Bumi Aksara.

Daryanto. 2011. Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Gaspersz, Vincent, 2006. Total Quality Management, Jakarta : Pustaka Utama.

Garton, R,A. Scholl Leadership and Administration; (important Concept, Case studies and Simolation; Kerper boulevat Dubuque : Wm.C. Browns Publisher).

Hadi, Amirul dan Haryono. 1998, Teknologi Penelitian Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia.

Haris, Abdul dan Nur Hayati, 2010.Manajemen Mutu pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Kusnan. 2007, Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Impilkasinya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Iqra’.

Ma’mur, Jamal, 2012. Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Yogyakarta: Diva Press.

Masyhud, Sulthon, M, 2012. Manajemen Profesi Kependidikan, LPMPK.

Moleong, Lexy. J. 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E, 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasana, Dedy, 2011. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mulyono, 2008. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Pidarta, Made, 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.

Prama, Gede, 2006. Inovasi atau Mati; Hanya Untuk Mereka yang Pikirannya Siap Terguncang. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Sailis, Edward, 2006.Total Quality Manajement In Education. Jogyakarta: IRCiSoD.

Saroni, 2006. Manajemen Sekolah Kiat Menjadi Pendidik Kompeten. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Som, Syarnubi. Kepala Sekolah Sebagai The Key Person Madrasah. Http://syarnubi. Wordpress. Com di akses tanggal 03 April 2013.

Sudrajat, Hari. 2005, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah(MPMBS). Bandung : CV Cipta Cekas Grafika.

Sugiono. 2008, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Syaodih, Nana. Dasar- dasar dan Prinsip Mutu Pendidikan. Http: www.Yahoo.com. Net. 24 Agustus 2013.

Supriadi, Oding, 2010. Rahasia Sukses Kepala Sekolah. Yogyakarta : Laksbang Pressindo.

Suryosubroto, B, 2004, Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Surya, 2003. Percikan Perjuangan Guru. Semarang: Aneka Ilmu.

Soetopo, Hendayat, tt, Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Abd Al-Baqiy, Muhammad Fuad, 1981. al-Mu’jam al-Mufahras Li Alfaz al-Qur’an al- Karim. Beirut: Dar al-Fikr,

Arrazi, Muhammad, Mafatihul Ghaib (Dar- Alfikr) Juz. 31

Assuyuthi, Al-Jami’ Al-Shaghir

Asysyaukani, Muhammad bin Ali, Fathul Qadir. Dar Al-Wafa Jld: 5

Atturmudzi, Al-Jami Ashshahih .hadis ke 2352

Bakry , Noor Muhsin , 1987. Pancasila Yuridis Kenegaraan, Yogyakarta: Liberty,

Bolo, Andreas Dowen dkk, 2012, Pancasila Kekuatan Pembebasan, Yogyakarta: Kanisius,

Daman, Rozikin, 1992. Pancasila Dasar Falsafah Negara, Jakarta: Rajawli Press,

Darmadi, Hamid, 2013Urgensi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Diperguruan Tinggi, Bandung: Alfabeta,

Darmadi, Hamid, Urgensi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Diperguruan Tinggi,

Fatikhin , Roro, “Keadilan Sosial Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Pancasila” dalam Jurnal Penelitian Agama Dan Masyrakat, Vol.1, No.2 (juli-desember 2017.

Hadi, Hardono, 1994. Hakikat dan Muatan Filsafat Pancasila, Yogyakarta: Kanisius

Hamka, 1984. Islam Revolusi Ideologi dan Keadilan Sosial, Jakarta: Pustaka Janji Mas,

Ibn Katsir, Tafsir Al-Quran Al-Adhim (Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah: Beirut) Jld. 4

Khalaf, Abdul Wahab. 1971. Ilmu Ushul Al-Fiqh. Lebanoo: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah.

Rahayu, Ani Sri, 2015. Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKN), Jakarta: Bumi Aksara,

Rahman, Afzalur, 1995. Doktrin Ekonomi Islam, jilid 1, Terj. Soeroyo dan Nastangin. Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf,

Shihab , M. Quraisy, 2005. Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati,

TAP MPRS No. XX Tahun 1996 beserta lampirannya Junto TAP MPRS No. X Tahun 1996

Tilaar , H. A. R, 1998. Beberapa Agenda Refoermasi Pendidikan Nasional;Dalam Perspektif Abad 21, Magelang: Teras Indonesia,

Untoro, Joko, “Implementasi Sila ke-5 yang tidak Sesuai Harapan Rakyat”, Opini Kompas, (22 Mei 2014),

Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghazali, Ayyuhal Walad (Surabaya: Al-Hidayah)

Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghazali, Bidayatul Hidayah, cet. ke 1 (Jakarta: Dar Al-Kutub Al-Islamiyah, 2010)

Dr. Badawi Thabanah, Muqaddimah Ihya’ Ulumiddin (Surabaya: Al-Hidayah)

Sayyid Bakri Al-Makkiy, Kifayatul Atqiya’ wa Minhajul Ashfiya’ (Surabaya: Al-Hidayah)

Abdul Karim, Measuring The Performance of Teachers of SMPN 6 Cilegon Based on Self-Concept and Teaching Motivation. Ilomata International Journal of Social Science. 21-28, No. 2 (1), 2021.

Andi Agustina, Misykat Malik Ibrahim, Andi Maulana, Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Pada MTsN Di Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba, Jurnal Idaarah, Vol. IV, No. 1, (Juni 2020).

Andrews, J. J. W., Teaching Effectiveness. Encyclopedia of Applied Psychology. Retrieved from http://ezproxy.mica.edu:2060/entry/estappliedpsyc/teaching_effectiveness, 2004.

Dale H Schunk, Learning Theories: An Educational Perspective. 6th ed. Boston, MA: Pearson Education Inc. 2018. 236-241.

E. Y. Pramularso, Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan CV Inaura Anugerah Jakarta. (Jakarta: Widya Cipta. Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2018), 2(1) 40–46.

Frank. J Landy, M. Conte Jeffrey, Work In The 21s Century: An Introduction To Industrial And Organizational Psychology, (New York: The McGraw-Hill Companies, 2005).

Gitarani Pramudya dan Rahayu Mardikaningsih, Peningkatan Kinerja Guru Melalui Motivasi Diri, Konsep Diri Dan Efikasi Diri (Studi Pada SMAN 1 Gondang Kabupaten Mojokerto). Jurnal Ilmu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1, No. 1 (2021), 9-22.

Hamzah B. Uno, Profesi Kependidikan, Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008), 71.

Hurlock. B, Psikologi Perkembangan Anak Jilid 2, (Jakarta: Erlangga, 2005), 237.

Jeni Defita, Mugio Hartono, Nasuka. Performance Analysis, Self-Concept, and Motivation of Physical Education Teachers at SMPN Sungai Lilin Subdistrict, Musi Banyuasin Regency. Journal of Physical Education and Sports, 117-122, No.10 (2), 2021.

Jiying Han and Hongbiao Yin. Teacher motivation: Definition, research development and implications for teachers. Cogen Education, 1-18, Vol. 3 (1), 2016.

Kementrian Pendidikan Nasional, Tahun 2000.

Mathis, dkk, Manajemen sumber daya manusia. Buku 2 Jilid Pertama. Alih Bahasa Benyamin Molari. (Jakarta: Salemba Empat, 2002), 118.

Moh, As’ad, Psikologi Industri, (Yogyakarta: Liberty, 2008)

Pupuh Fathurrohman & Aa Suryana, Guru Profesional, (Bandung: PT Refika Aditama, (2012), 63.

Rencana Strategis Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Tahun 2020-2024.

Reza Ahmadiansah, Psikologi Industri Dan Organisasi Tinjauan Motivasi dan Kepuasan Kerja, (Yogyakarta: Kreasi Total Media, 2020), 4.

Sondang P Siagian, Teori Motivasi dan Aplikasinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2005), 142.

Umi Anugerah Izzati, Olievia Prabandini Mulyana, Psikologi Industri & Organisasi, (Surabaya: Bintang, 2019), 16.

Undang-Undang RI Tentang Guru Dan Dosen No.14 Bab 1 Pasal 1, 2005.

Utomo. H.B. Teacher Motivation Behavior: The Importance Of Personal Expectations, Need Satisfaction, And Work Climate. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 333-342, vol.2 (2), 2018.

Hosaini, H., & Akhyak, A. (2024). Integration of Islam and Science in Interdisciplinary Islamic Studies. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 9(1), 24-42.

Ruzakki, H. (2021). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FIQIH DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH SYAFI'IYAH SUKEREJO. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(2), 175-192.

Hosaini, H., Ni'am, S., & Mahtum, R. (2023, December). Penguatan Nial-Nilai Moderasi Melalui Konsep Islam Rahmatan Lil Alamin di Era Four Point Zero. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 7, No. 1, pp. 85-93).

Safitri, M. N., Heryandi, M. T., Muzammil, M., Waziroh, I., Hosaini, H., & Arifin, M. S. (2022). Menanamkan Nilai Nilai Qur'ani dalam Membangun Karakter Santri. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 6(2), 40-52.

Pathollah, A. G., & Hosaini, H. (2023). Aktualisasi Panca Kesadaran Santri dalam Moderasi Islam Pendidikan Pesantren. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 7(1), 79-98.

Maktumah, L., Minhaji, M., & Hosaini, H. (2023). Manajemen Konflik: Sebuah Analisis Sosiologis dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 684-699.

Hosaini, H. (2017). Integrasi Konsep Keislaman Yang Rahmatan Lil ‘Alamin Menangkal Faham Ekstremisme Sebagai Ideologi Beragama Dalam Bingkai Aktifitas Kegiatan Keagmaan Mahasiswa Di Kampus Universitas Bondowoso. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 1(2), 95-104.

Hosaini, H. (2018). Pendidikan Berbasis Entrepreneurship:(Persepektif Tinjauan Sosiologi Pendidikan). Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 2(2), 102-125.

Ali, M. 2009. Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional: Menuju Bangsa Indonesia Yang Mandiri Dan Berdaya Saing Tinggi. Jakarta: Imtima.

Angkawijaya, Y F, Studi Psikologi, and Universitas Pembangunan Jaya. 2017. “Peran Perguruan Tinggi Sebagai Agen Perubahan Moral Bangsa (Studi Kasus Peran Konsep Diri Terhadap Karakter Mulia Pada Mahasiswa Di Universitas X Surabaya).” WIDYAKALA JOURNAL : JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY 4(1): 36–42. https://www.ojs.upj.ac.id/index.php/journal_widya/article/view/29 (June 2, 2023).

Anwar, Sahipul et al. 2019. “Peran Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam Aceh Tenggara Sebagai Agents of Social Change.” Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology) 4(2): 179–87. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/antrophos/article/view/11950 (December 25, 2023).

Azzarnuji. Syarah Ta’lim Al-Muta’allim. Surabaya: MaktabahAl-Hidayah.

Ibrahim, Muhammad bin Ismail bin Mughirah Al-Bukhori Ibnu Abdillah. Shahih Bukhari. Bairut.

Isa Abu Isan Al-Turmudzi Al-Silmi, Muhammad. Sunan Turmudzi. Beirut: Dar Ihya’ Al-Turats Al-Arabi.

Marlinah, Lili. 2019. “PENTINGNYA PERAN PERGURUAN TINGGI DALAM MENCETAK SDM YANG BERJIWA INOVATOR DAN TECHNOPRENEUR MENYONGSONG ERA SOCIETY 5.0.” IKRAITH-EKONOMIKA 2(3): 17–25. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/647 (December 25, 2023).

Peningkatan, Slralegi et al. 2016. “STRATEGI PENINGKATAN KESIAPAN KERJA LULUSAN PERGURUAN TINGGI DI ERA PASAR BEBAS.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 3(3). https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/8733 (September 13, 2023).

QS. Al-Mujadalah (58):11.

Rauf, Fathurrahman. 2007. “Peran Perguruan Tinggi Islam Dalam Mencerdaskan Bangsa.” Al-Turas 13(2). https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-turats/article/view/4255/0 (January 22, 2024).

Rif’ah, Islamiyah, Ummi Habibatul. 2022. “Pendidikan Islam Menjawab Tantangan Globalisasi.” Islam Universalia: International Journal of Islamic Studies and Social Sciences 4(1). https://ejournal.cyberdakwah.com/index.php/Islam-Universalia/article/view/211 (September 4, 2022).

Suprayogo, Pro. Dr. Imam. 2014. “Peran Strategis PTAIN Dalam Membangun Bangsa.” https://uin-malang.ac.id/r/140901/peran-strategis-ptain-dalam-membangun-bangsa.html.

Suwendi. 2020. “Merevitalisasi Peran Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.” https://kemenag.go.id/opini/merevitalisasi-peran-perguruan-tinggi-keagamaan-islam-3irq94.

Fikro, M. I. (2021). Negara Indonesia Persfektif Islam: Sebagai Bentuk Penguatan Wawasan Kebangsaan. Moderasi: Journal of Islamic Studies, 1(2), 165-181.

Hosaini, H., Zikra, A., Readi, A., & Adhim, F. (2022). Solidaritas Sosial dalam Khataman Al-Qur’an Virtual antar Negara (Studi Fenomenologi pada Tradisi Kegiatan Virtual Tenaga Kerja Indonesia Mancanegara). JOURNAL OF QUR'AN AND HADITH STUDIES, 11(1), 87-104.

Hosaini, H., Kholida, S., & Hadi, A. (2023). Pengembangan Pembelajaran PAI dengan CTL Untuk Mengurangi Kenakalan Siswa Di SDN 1 Banyuputih. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(1), 76-98.

Hosaini, H., Manan, M. A., & Isnanto, D. (2023). Analisis Kinerja Guru Profesional Sertifikasi terhadap Kegiatan Pendidikan di Lingkungan Pondok Pesantren. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 123-128.

Hosaini, H., Anshor, A. M., Mauliyanti, A., & Waziroh, I. (2023, November). Islamic Studies and Islamic Discourse. In Progress Conference (Vol. 6, No. 1, pp. 337-345).

Hosaini, H., Ni'am, S., & Mahtum, R. (2023, December). Penguatan Nial-Nilai Moderasi Melalui Konsep Islam Rahmatan Lil Alamin di Era Four Point Zero. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 7, No. 1, pp. 85-93).

Halim, A. (2024). OPTIMIZATION OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA USAGE IN MADRASAH. Indonesian Journal of Education (INJOE), 4(1), 114-127.

Hosaini, H., Kandiri, K., Minhaji, M., & Alehirish, M. H. M. (2024). Human Values Based on Pancasila Viewed from Islamic Education. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(2), 539-549.

Maryam, S. (2024). STRATEGIES OF IMPLEMENTATION OF EDUCATION TECHNOLOGY IN MADRASAH. International Journal of Teaching and Learning, 2(6), 1466-1477.

Hosaini, S. P. (2021). MANAJEMEN PENDIDIKAN MADRASAH Integrasi antara Sekolah dan Pesantren. CV Literasi Nusantara Abadi.

Guna, B. W. K., Hosaini, H., Haryanto, S., Haya, H., & Niam, M. F. (2024). MORALITY AND SOCIAL ASSISTANCE IN SCHOOLS. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 422-428.

Hosaini, H., Zainuddin, Z., Halim, A., Tawil, M. R., & Ifadhila, I. (2024). LEADERSHIP COLLABORATION AND PROFESSIONAL ETHICS BETWEEN TEACHERS. INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIETY REVIEWS, 2(2), 460-471.

Sanusi, I., Sholeh, M. I., & Samsudi, W. (2024). The Effect Of Using Robotics In Stem Learning On Student Learning Achievement At The Senior High School. Educational Administration: Theory and Practice, 30(4), 3257-3265.

Hosaini, H., Ni’am, S., & Khamami, A. R. (2024). Navigating Islamic Education for National Character Development: Addressing Stagnation in Indonesia's Post-Conservative Turn Era. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 14(1), 57-78.

Fitri, A. Z. (2024). Evaluation, Supervision, and Control (ESC) Strategies in Student Drop-Out Management in Islamic Higher Education. Power System Technology, 48(1), 1589-1608.

Hosaini, H., & Muslimin, M. (2024). INTEGRATION OF FORMAL EDUCATION AND ISLAMIC BOARDING SCHOOLS AS NEW PARADIGM FROM INDONESIAN PERSPECTIVE. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 10(1), 107-121.

Badruzaman, A., Hosaini, H., & Halim, A. (2023). Bureaucracy, Situation, Discrimination, and Elite in Islamic Education Perspective of Digital Era. Bulletin of Science Education, 3(3), 179-191.

Hosaini, H. (2018). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 2(1), 65-83.

Firdaus, W., Eliya, I., & Sodik, A. J. F. (2020). The importance of character education in higher education (University) in building the quality students. In Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management (Vol. 59, pp. 2602-2606).

Hosaini, S. P. I. (2021). Etika dan profesi keguruan. CV Literasi Nusantara Abadi.

Hosaini, H. (2019). Behauvioristik Basid Learning Dalam Bingkai Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali:(Pembelajaran Berbasis Prilaku Dalam Pandangan Pendidikan Islam). Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(1), 23-45.

Hosaini, H., & Erfandi, E. (2017). Studi Komparasi Konsep Pendidikan Karakter Menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Ki Hadjar Dewantara. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 1(1), 1-36.

Hosaini, H., Zikra, A., & Muslimin, M. (2022). Efforts to improve teacher's professionalism in the teaching learning process. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 13(2), 265-294.

Hosaini, H. (2020). Ngaji Sosmed Tangkal Pemahaman Radikal melalui Pendampingan Komunitas Lansia dengan sajian Program Ngabari di Desa Sukorejo Sukowono Jember. As-Sidanah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 159-190.

Hosaini, H., & Fikro, M. I. (2021). PANCASILA SEBAGAI WUJUD ISLAM RAHMATAN LI AL-ALAMIIN. Moderation| Journal of Islamic Studies Review, 1(1), 91-98.

Mahtum, R., & Zikra, A. (2022, November). Realizing Harmony between Religious People through Strengthening Moderation Values in Strengthening Community Resilience After the Covid 19 Pandemic. In The 4th International Conference on University Community Engagement (ICON-UCE 2022) (Vol. 4, pp. 293-299).

Hosaini, H., & Kurniawan, S. (2019). Manajemen Pesantren dalam Pembinaan Umat. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(2), 82-98.

Hosaini, H. (2020). Pembelajaran dalam era “new normal” di pondok pesantren Nurul Qarnain Jember tahun 2020. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 14(2), 361-380.

Hosaini, H., & Kamiluddin, M. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dalam meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Pemecahan Masalah pada mata pelajaran Fikih. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 5(1), 43-53.

Samsudi, W., & Hosaini, H. (2020). Kebijakan Sekolah dalam Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Digital di Era Industri 4.0. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(2), 120-125.

Zukin, A., & Firdaus, M. (2022). Development Of Islamic Religious Education Books With Contextual Teaching And Learning. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).

Muslimin, M., & Hosaini, H. (2019). KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT AL-QUR’AN DAN HADITS. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 4(1), 67-75.

Halim, A., Hosaini, H., Zukin, A., & Mahtum, R. (2022). Paradigma Islam Moderat di Indonesia dalam Membentuk Perdamaian Dunia. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, 1(4), 705-708.

Hosaini, H., & Samsudi, W. (2020). Menakar Moderatisme antar Umat Beragama di Desa Wisata Kebangsaan. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(1), 1-10.

Muis, A., Eriyanto, E., & Readi, A. (2022). Role of the Islamic Education teacher in the Moral Improvement of Learners. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3).

Salikin, H., Alfani, F. R., & Sayfullah, H. (2021). Traditional Madurese Engagement Amids the Social Change of the Kangean Society. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 7(1), 32-42.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

Yazid, Ahmad bin Yazid Abu Abdillah Al-Ghazwaini. Sunan Ibnu Majah. Bairut: Dar Al-Fikri.

Zakariya, Yahya bin Syaraf Al-Nawawi Ibnu. Riyadl Al-Shalihin. Bairut: Al-Maktab Al-islami.

Hosaini, H., Subaidi, S., Hamzah, M. Z., Simbolon, N. Y., & Sutiapermana, A. (2024). Tawheed-Based Pedagogy: Empowering Islamic Education Through Community Engagement And Pesantren Tradition. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 353-360.

Kurniawan, S. (2020). Implikasi Ekstra Kurikuler Terhadap Pendidikan Agama Islam. Nusantara Journal

Downloads

Published

2018-12-27