Pengembangan Buku Ajar Fiqih dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Pesantren Nurul Qarnain Sukowono Jember
DOI:
https://doi.org/10.61595/edukais.2018.2.2.143-160Keywords:
Pengembangan, Buku ajar, SaintifikAbstract
Penelitian tentang Pengembangan Buku ajar fiqih dengan pendekatan saintifik ini di latar belakangi oleh kurang aktifnya siswa dalm proses pembelajaran. Berdasarkan hasil studi pendahuluan terungkap. Kondisi empiris pembelajaran fiqih tersebut memang problematik, karena jika tidak dicarikan solusi dengan segera, pembelajaran fiqih kurang berdampak positif bagi hasil pembelajaran siswa di sekolah. maka permasalahan ini perlu di temukan solusinya. Untuk mengungkapkan kondisi empiris tersebut penelitian ini merumuskan dua permasalah sebagai berikut. (1) Bagaimana desain pengembangan buku ajar melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Qarnain ?. (2) Bagaimana hasil belajar dengan menggunakan buku ajar melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Qarnain ?. Untuk menjawab masalah penelitian tersebut, peneliti menggunakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah teori Borg dan Gall yang teridiri dari 10 langkah, namun dalam hal ini peneliti hanya mengambil 4 langkah, yaitu.(1) Melakukan studi pendahuluan. (2) Merancang dan mengembangkan produk. (3) Uji coba lapangan. (4) Evaluasi dan revisi. Sejalan dengan hal itu, Dalam penelitian ini hasil validasi tim ahli memperoleh nilai 75 % (valid)), menunjukkan bahwa buku ajar fiqih layak untuk di uji cobakan. Hasil uji coba produk buku ajar fiqih yang di lakukan terhadap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil post tes yang di lakukan, kelompok kontrol mendapatkan nilai rata- rata sebesar 60 sedangkan kelompok eksperimen mendapatkan nilai rata- rata sebesar 91. Dengan demikian penggunaan buku ajar fiqih dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Qarnain.
References
Hery Noer Aly dan Munzier, Watak Pendidikan Islam, (Jakarta: Friska Agung Lestari, 2003), 130.
Subandijah, Pengembangan dan Inovasi Kurikulum, (Jakarta: Raja Grafindo, 1993), 5
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Tafsirnya (Jakarta: Lentera Abadi, 2010), 73.
E. Mulayasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004), 5.
E.Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013),7.
Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
E. Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013(Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013),7.
S.Nasution, Berbagai pendekatan dalam proses Belajar & mengajar ( Jakarta : Bumi aksara, 2006 ),204.
Elsa May Wijaya, “Pengembangan bahan ajar SKI berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di MTs An-Nur Bululawang” Skripsi, UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, 2016.
Sugioyno, Metode penelitian Pendidikan; pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet. XIX, (Bandung: Penerbit Alfabeta, 2014), 407.
Wawancara dengan guru mata pelajaran fiqih MA Nurul Qarnain, Ustad Rawakid siddiq S.IF., 08 maret 2018
Wawancara dwngan siswa kelas XI MA Nurul Qarnain, Lita Faiqotul Ummah 10 maret 2018
Kiki saputra. 2015. pendidikan entrepreneursip h.11 cet. 1 DIVA press bangotapan yogyakarta
Minarmi, Sri. 2011. Manajemin Sekolah: Menolola lembaga Pendidikan Secara Mandiri.Yogyakarta Ar-RuzzMedia
Tilar, H.A.R. 1994. Manajemin Pendidikan Nasional. Bandung: Remaja Rosada Karya
Ek. Mochtar. Manajemin suatu pendekatan berdasarkan ajaran islam, Jakarta: Bharata Karya Aksara, thn 1996 h. 105
Malayu S.P. Hasibuan. Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktifitas. Jakarta: Bumi Aksara. Th 2003 h 92
Maliki, Zainuddin. Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2010.
Ahmadi Abu. Sosiologi Pendidikan. Cet. 11. Jakarta. RINIKA CIPTA 2007 Supriyatno. Moh Padil Triyo. Sosiologi Pendidikan Cet 11. Malang UIN Maliki Pres. 2010
Gunawan Ary H. Susiologi Pendidikan, Suatu Analisis Sosiologi Tengtang berbagai problem Pendidikan. Jakarta. RINIKA CIPTA. 2000
Suryana. 2001. Konsep Kewirausahaan dalam pengembangan Ide Usaha.Bandung.
Anwar, Desi. 2002, Kamus Bahasa Indonesia Modern. Surabaya: Amelia.
Arifin, Imron, Dr, H, M.Pd. 2007, Strategi Kepala Sekolah Gapai Prestasi Juara UKS. Malang : Aditya Media.
Arikunto, Suharsini. 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Teknik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
A, Pobert, Sutermeister. 1976, People and Productivity. New York, McGraw Hill Book Company.
Arsyad, Muhammad, mencermati Standar Kepala Sekolah, www.pendidikanNetwork.co.id di akses 04 april 2013.
Arsyad, Azhar, 2002. Pokok – Pokok Manajemen, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Damayanti, sri. 2008, Profesionalisme Kepala Sekolah. (online) Http://Akmudsudrajat.wordpress.com diakses 02 April 2013.
Danim, Sudarwan. 2005, Visi Baru Manajemen, Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta Bumi Aksara.
Daryanto. 2011. Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Gaspersz, Vincent, 2006. Total Quality Management, Jakarta : Pustaka Utama.
Garton, R,A. Scholl Leadership and Administration; (important Concept, Case studies and Simolation; Kerper boulevat Dubuque : Wm.C. Browns Publisher).
Hadi, Amirul dan Haryono. 1998, Teknologi Penelitian Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia.
Haris, Abdul dan Nur Hayati, 2010.Manajemen Mutu pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Kusnan. 2007, Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Impilkasinya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Iqra’.
Ma’mur, Jamal, 2012. Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Yogyakarta: Diva Press.
Masyhud, Sulthon, M, 2012. Manajemen Profesi Kependidikan, LPMPK.
Moleong, Lexy. J. 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E, 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasana, Dedy, 2011. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Mulyono, 2008. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Pidarta, Made, 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.
Prama, Gede, 2006. Inovasi atau Mati; Hanya Untuk Mereka yang Pikirannya Siap Terguncang. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Sailis, Edward, 2006.Total Quality Manajement In Education. Jogyakarta: IRCiSoD.
Saroni, 2006. Manajemen Sekolah Kiat Menjadi Pendidik Kompeten. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Som, Syarnubi. Kepala Sekolah Sebagai The Key Person Madrasah. Http://syarnubi. Wordpress. Com di akses tanggal 03 April 2013.
Sudrajat, Hari. 2005, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah(MPMBS). Bandung : CV Cipta Cekas Grafika.
Sugiono. 2008, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Syaodih, Nana. Dasar- dasar dan Prinsip Mutu Pendidikan. Http: www.Yahoo.com. Net. 24 Agustus 2013.
Supriadi, Oding, 2010. Rahasia Sukses Kepala Sekolah. Yogyakarta : Laksbang Pressindo.
Suryosubroto, B, 2004, Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Surya, 2003. Percikan Perjuangan Guru. Semarang: Aneka Ilmu.
Soetopo, Hendayat, tt, Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Abd Al-Baqiy, Muhammad Fuad, 1981. al-Mu’jam al-Mufahras Li Alfaz al-Qur’an al- Karim. Beirut: Dar al-Fikr,
Arrazi, Muhammad, Mafatihul Ghaib (Dar- Alfikr) Juz. 31
Assuyuthi, Al-Jami’ Al-Shaghir
Asysyaukani, Muhammad bin Ali, Fathul Qadir. Dar Al-Wafa Jld: 5
Atturmudzi, Al-Jami Ashshahih .hadis ke 2352
Bakry , Noor Muhsin , 1987. Pancasila Yuridis Kenegaraan, Yogyakarta: Liberty,
Bolo, Andreas Dowen dkk, 2012, Pancasila Kekuatan Pembebasan, Yogyakarta: Kanisius,
Daman, Rozikin, 1992. Pancasila Dasar Falsafah Negara, Jakarta: Rajawli Press,
Darmadi, Hamid, 2013Urgensi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Diperguruan Tinggi, Bandung: Alfabeta,
Darmadi, Hamid, Urgensi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Diperguruan Tinggi,
Fatikhin , Roro, “Keadilan Sosial Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Pancasila” dalam Jurnal Penelitian Agama Dan Masyrakat, Vol.1, No.2 (juli-desember 2017.
Hadi, Hardono, 1994. Hakikat dan Muatan Filsafat Pancasila, Yogyakarta: Kanisius
Hamka, 1984. Islam Revolusi Ideologi dan Keadilan Sosial, Jakarta: Pustaka Janji Mas,
Ibn Katsir, Tafsir Al-Quran Al-Adhim (Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah: Beirut) Jld. 4
Khalaf, Abdul Wahab. 1971. Ilmu Ushul Al-Fiqh. Lebanoo: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah.
Rahayu, Ani Sri, 2015. Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKN), Jakarta: Bumi Aksara,
Rahman, Afzalur, 1995. Doktrin Ekonomi Islam, jilid 1, Terj. Soeroyo dan Nastangin. Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf,
Shihab , M. Quraisy, 2005. Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati,
TAP MPRS No. XX Tahun 1996 beserta lampirannya Junto TAP MPRS No. X Tahun 1996
Tilaar , H. A. R, 1998. Beberapa Agenda Refoermasi Pendidikan Nasional;Dalam Perspektif Abad 21, Magelang: Teras Indonesia,
Untoro, Joko, “Implementasi Sila ke-5 yang tidak Sesuai Harapan Rakyat”, Opini Kompas, (22 Mei 2014),
Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghazali, Ayyuhal Walad (Surabaya: Al-Hidayah)
Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghazali, Bidayatul Hidayah, cet. ke 1 (Jakarta: Dar Al-Kutub Al-Islamiyah, 2010)
Dr. Badawi Thabanah, Muqaddimah Ihya’ Ulumiddin (Surabaya: Al-Hidayah)
Sayyid Bakri Al-Makkiy, Kifayatul Atqiya’ wa Minhajul Ashfiya’ (Surabaya: Al-Hidayah)
Abdul Karim, Measuring The Performance of Teachers of SMPN 6 Cilegon Based on Self-Concept and Teaching Motivation. Ilomata International Journal of Social Science. 21-28, No. 2 (1), 2021.
Andi Agustina, Misykat Malik Ibrahim, Andi Maulana, Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Pada MTsN Di Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba, Jurnal Idaarah, Vol. IV, No. 1, (Juni 2020).
Andrews, J. J. W., Teaching Effectiveness. Encyclopedia of Applied Psychology. Retrieved from http://ezproxy.mica.edu:2060/entry/estappliedpsyc/teaching_effectiveness, 2004.
Dale H Schunk, Learning Theories: An Educational Perspective. 6th ed. Boston, MA: Pearson Education Inc. 2018. 236-241.
E. Y. Pramularso, Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan CV Inaura Anugerah Jakarta. (Jakarta: Widya Cipta. Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2018), 2(1) 40–46.
Frank. J Landy, M. Conte Jeffrey, Work In The 21s Century: An Introduction To Industrial And Organizational Psychology, (New York: The McGraw-Hill Companies, 2005).
Gitarani Pramudya dan Rahayu Mardikaningsih, Peningkatan Kinerja Guru Melalui Motivasi Diri, Konsep Diri Dan Efikasi Diri (Studi Pada SMAN 1 Gondang Kabupaten Mojokerto). Jurnal Ilmu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1, No. 1 (2021), 9-22.
Hamzah B. Uno, Profesi Kependidikan, Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008), 71.
Hurlock. B, Psikologi Perkembangan Anak Jilid 2, (Jakarta: Erlangga, 2005), 237.
Jeni Defita, Mugio Hartono, Nasuka. Performance Analysis, Self-Concept, and Motivation of Physical Education Teachers at SMPN Sungai Lilin Subdistrict, Musi Banyuasin Regency. Journal of Physical Education and Sports, 117-122, No.10 (2), 2021.
Jiying Han and Hongbiao Yin. Teacher motivation: Definition, research development and implications for teachers. Cogen Education, 1-18, Vol. 3 (1), 2016.
Kementrian Pendidikan Nasional, Tahun 2000.
Mathis, dkk, Manajemen sumber daya manusia. Buku 2 Jilid Pertama. Alih Bahasa Benyamin Molari. (Jakarta: Salemba Empat, 2002), 118.
Moh, As’ad, Psikologi Industri, (Yogyakarta: Liberty, 2008)
Pupuh Fathurrohman & Aa Suryana, Guru Profesional, (Bandung: PT Refika Aditama, (2012), 63.
Rencana Strategis Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Tahun 2020-2024.
Reza Ahmadiansah, Psikologi Industri Dan Organisasi Tinjauan Motivasi dan Kepuasan Kerja, (Yogyakarta: Kreasi Total Media, 2020), 4.
Sondang P Siagian, Teori Motivasi dan Aplikasinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2005), 142.
Umi Anugerah Izzati, Olievia Prabandini Mulyana, Psikologi Industri & Organisasi, (Surabaya: Bintang, 2019), 16.
Undang-Undang RI Tentang Guru Dan Dosen No.14 Bab 1 Pasal 1, 2005.
Utomo. H.B. Teacher Motivation Behavior: The Importance Of Personal Expectations, Need Satisfaction, And Work Climate. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 333-342, vol.2 (2), 2018.
Hosaini, H., & Akhyak, A. (2024). Integration of Islam and Science in Interdisciplinary Islamic Studies. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 9(1), 24-42.
Ruzakki, H. (2021). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FIQIH DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH SYAFI'IYAH SUKEREJO. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(2), 175-192.
Hosaini, H., Ni'am, S., & Mahtum, R. (2023, December). Penguatan Nial-Nilai Moderasi Melalui Konsep Islam Rahmatan Lil Alamin di Era Four Point Zero. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 7, No. 1, pp. 85-93).
Safitri, M. N., Heryandi, M. T., Muzammil, M., Waziroh, I., Hosaini, H., & Arifin, M. S. (2022). Menanamkan Nilai Nilai Qur'ani dalam Membangun Karakter Santri. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 6(2), 40-52.
Pathollah, A. G., & Hosaini, H. (2023). Aktualisasi Panca Kesadaran Santri dalam Moderasi Islam Pendidikan Pesantren. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 7(1), 79-98.
Maktumah, L., Minhaji, M., & Hosaini, H. (2023). Manajemen Konflik: Sebuah Analisis Sosiologis dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 684-699.
Hosaini, H. (2017). Integrasi Konsep Keislaman Yang Rahmatan Lil ‘Alamin Menangkal Faham Ekstremisme Sebagai Ideologi Beragama Dalam Bingkai Aktifitas Kegiatan Keagmaan Mahasiswa Di Kampus Universitas Bondowoso. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 1(2), 95-104.
Hosaini, H. (2018). Pendidikan Berbasis Entrepreneurship:(Persepektif Tinjauan Sosiologi Pendidikan). Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 2(2), 102-125.
Ali, M. 2009. Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional: Menuju Bangsa Indonesia Yang Mandiri Dan Berdaya Saing Tinggi. Jakarta: Imtima.
Angkawijaya, Y F, Studi Psikologi, and Universitas Pembangunan Jaya. 2017. “Peran Perguruan Tinggi Sebagai Agen Perubahan Moral Bangsa (Studi Kasus Peran Konsep Diri Terhadap Karakter Mulia Pada Mahasiswa Di Universitas X Surabaya).” WIDYAKALA JOURNAL : JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY 4(1): 36–42. https://www.ojs.upj.ac.id/index.php/journal_widya/article/view/29 (June 2, 2023).
Anwar, Sahipul et al. 2019. “Peran Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam Aceh Tenggara Sebagai Agents of Social Change.” Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology) 4(2): 179–87. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/antrophos/article/view/11950 (December 25, 2023).
Azzarnuji. Syarah Ta’lim Al-Muta’allim. Surabaya: MaktabahAl-Hidayah.
Ibrahim, Muhammad bin Ismail bin Mughirah Al-Bukhori Ibnu Abdillah. Shahih Bukhari. Bairut.
Isa Abu Isan Al-Turmudzi Al-Silmi, Muhammad. Sunan Turmudzi. Beirut: Dar Ihya’ Al-Turats Al-Arabi.
Marlinah, Lili. 2019. “PENTINGNYA PERAN PERGURUAN TINGGI DALAM MENCETAK SDM YANG BERJIWA INOVATOR DAN TECHNOPRENEUR MENYONGSONG ERA SOCIETY 5.0.” IKRAITH-EKONOMIKA 2(3): 17–25. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/647 (December 25, 2023).
Peningkatan, Slralegi et al. 2016. “STRATEGI PENINGKATAN KESIAPAN KERJA LULUSAN PERGURUAN TINGGI DI ERA PASAR BEBAS.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 3(3). https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/8733 (September 13, 2023).
QS. Al-Mujadalah (58):11.
Rauf, Fathurrahman. 2007. “Peran Perguruan Tinggi Islam Dalam Mencerdaskan Bangsa.” Al-Turas 13(2). https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-turats/article/view/4255/0 (January 22, 2024).
Rif’ah, Islamiyah, Ummi Habibatul. 2022. “Pendidikan Islam Menjawab Tantangan Globalisasi.” Islam Universalia: International Journal of Islamic Studies and Social Sciences 4(1). https://ejournal.cyberdakwah.com/index.php/Islam-Universalia/article/view/211 (September 4, 2022).
Suprayogo, Pro. Dr. Imam. 2014. “Peran Strategis PTAIN Dalam Membangun Bangsa.” https://uin-malang.ac.id/r/140901/peran-strategis-ptain-dalam-membangun-bangsa.html.
Suwendi. 2020. “Merevitalisasi Peran Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.” https://kemenag.go.id/opini/merevitalisasi-peran-perguruan-tinggi-keagamaan-islam-3irq94.
Fikro, M. I. (2021). Negara Indonesia Persfektif Islam: Sebagai Bentuk Penguatan Wawasan Kebangsaan. Moderasi: Journal of Islamic Studies, 1(2), 165-181.
Hosaini, H., Zikra, A., Readi, A., & Adhim, F. (2022). Solidaritas Sosial dalam Khataman Al-Qur’an Virtual antar Negara (Studi Fenomenologi pada Tradisi Kegiatan Virtual Tenaga Kerja Indonesia Mancanegara). JOURNAL OF QUR'AN AND HADITH STUDIES, 11(1), 87-104.
Hosaini, H., Kholida, S., & Hadi, A. (2023). Pengembangan Pembelajaran PAI dengan CTL Untuk Mengurangi Kenakalan Siswa Di SDN 1 Banyuputih. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(1), 76-98.
Hosaini, H., Manan, M. A., & Isnanto, D. (2023). Analisis Kinerja Guru Profesional Sertifikasi terhadap Kegiatan Pendidikan di Lingkungan Pondok Pesantren. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 123-128.
Hosaini, H., Anshor, A. M., Mauliyanti, A., & Waziroh, I. (2023, November). Islamic Studies and Islamic Discourse. In Progress Conference (Vol. 6, No. 1, pp. 337-345).
Hosaini, H., Ni'am, S., & Mahtum, R. (2023, December). Penguatan Nial-Nilai Moderasi Melalui Konsep Islam Rahmatan Lil Alamin di Era Four Point Zero. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 7, No. 1, pp. 85-93).
Halim, A. (2024). OPTIMIZATION OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA USAGE IN MADRASAH. Indonesian Journal of Education (INJOE), 4(1), 114-127.
Hosaini, H., Kandiri, K., Minhaji, M., & Alehirish, M. H. M. (2024). Human Values Based on Pancasila Viewed from Islamic Education. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(2), 539-549.
Maryam, S. (2024). STRATEGIES OF IMPLEMENTATION OF EDUCATION TECHNOLOGY IN MADRASAH. International Journal of Teaching and Learning, 2(6), 1466-1477.
Hosaini, S. P. (2021). MANAJEMEN PENDIDIKAN MADRASAH Integrasi antara Sekolah dan Pesantren. CV Literasi Nusantara Abadi.
Guna, B. W. K., Hosaini, H., Haryanto, S., Haya, H., & Niam, M. F. (2024). MORALITY AND SOCIAL ASSISTANCE IN SCHOOLS. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 422-428.
Hosaini, H., Zainuddin, Z., Halim, A., Tawil, M. R., & Ifadhila, I. (2024). LEADERSHIP COLLABORATION AND PROFESSIONAL ETHICS BETWEEN TEACHERS. INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIETY REVIEWS, 2(2), 460-471.
Sanusi, I., Sholeh, M. I., & Samsudi, W. (2024). The Effect Of Using Robotics In Stem Learning On Student Learning Achievement At The Senior High School. Educational Administration: Theory and Practice, 30(4), 3257-3265.
Hosaini, H., Ni’am, S., & Khamami, A. R. (2024). Navigating Islamic Education for National Character Development: Addressing Stagnation in Indonesia's Post-Conservative Turn Era. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 14(1), 57-78.
Fitri, A. Z. (2024). Evaluation, Supervision, and Control (ESC) Strategies in Student Drop-Out Management in Islamic Higher Education. Power System Technology, 48(1), 1589-1608.
Hosaini, H., & Muslimin, M. (2024). INTEGRATION OF FORMAL EDUCATION AND ISLAMIC BOARDING SCHOOLS AS NEW PARADIGM FROM INDONESIAN PERSPECTIVE. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 10(1), 107-121.
Badruzaman, A., Hosaini, H., & Halim, A. (2023). Bureaucracy, Situation, Discrimination, and Elite in Islamic Education Perspective of Digital Era. Bulletin of Science Education, 3(3), 179-191.
Hosaini, H. (2018). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 2(1), 65-83.
Firdaus, W., Eliya, I., & Sodik, A. J. F. (2020). The importance of character education in higher education (University) in building the quality students. In Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management (Vol. 59, pp. 2602-2606).
Hosaini, S. P. I. (2021). Etika dan profesi keguruan. CV Literasi Nusantara Abadi.
Hosaini, H. (2019). Behauvioristik Basid Learning Dalam Bingkai Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali:(Pembelajaran Berbasis Prilaku Dalam Pandangan Pendidikan Islam). Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(1), 23-45.
Hosaini, H., & Erfandi, E. (2017). Studi Komparasi Konsep Pendidikan Karakter Menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Ki Hadjar Dewantara. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 1(1), 1-36.
Hosaini, H., Zikra, A., & Muslimin, M. (2022). Efforts to improve teacher's professionalism in the teaching learning process. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 13(2), 265-294.
Hosaini, H. (2020). Ngaji Sosmed Tangkal Pemahaman Radikal melalui Pendampingan Komunitas Lansia dengan sajian Program Ngabari di Desa Sukorejo Sukowono Jember. As-Sidanah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 159-190.
Hosaini, H., & Fikro, M. I. (2021). PANCASILA SEBAGAI WUJUD ISLAM RAHMATAN LI AL-ALAMIIN. Moderation| Journal of Islamic Studies Review, 1(1), 91-98.
Mahtum, R., & Zikra, A. (2022, November). Realizing Harmony between Religious People through Strengthening Moderation Values in Strengthening Community Resilience After the Covid 19 Pandemic. In The 4th International Conference on University Community Engagement (ICON-UCE 2022) (Vol. 4, pp. 293-299).
Hosaini, H., & Kurniawan, S. (2019). Manajemen Pesantren dalam Pembinaan Umat. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(2), 82-98.
Hosaini, H. (2020). Pembelajaran dalam era “new normal” di pondok pesantren Nurul Qarnain Jember tahun 2020. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 14(2), 361-380.
Hosaini, H., & Kamiluddin, M. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dalam meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Pemecahan Masalah pada mata pelajaran Fikih. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 5(1), 43-53.
Samsudi, W., & Hosaini, H. (2020). Kebijakan Sekolah dalam Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Digital di Era Industri 4.0. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(2), 120-125.
Zukin, A., & Firdaus, M. (2022). Development Of Islamic Religious Education Books With Contextual Teaching And Learning. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).
Muslimin, M., & Hosaini, H. (2019). KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT AL-QUR’AN DAN HADITS. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 4(1), 67-75.
Halim, A., Hosaini, H., Zukin, A., & Mahtum, R. (2022). Paradigma Islam Moderat di Indonesia dalam Membentuk Perdamaian Dunia. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, 1(4), 705-708.
Hosaini, H., & Samsudi, W. (2020). Menakar Moderatisme antar Umat Beragama di Desa Wisata Kebangsaan. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(1), 1-10.
Muis, A., Eriyanto, E., & Readi, A. (2022). Role of the Islamic Education teacher in the Moral Improvement of Learners. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3).
Salikin, H., Alfani, F. R., & Sayfullah, H. (2021). Traditional Madurese Engagement Amids the Social Change of the Kangean Society. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 7(1), 32-42.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.
Yazid, Ahmad bin Yazid Abu Abdillah Al-Ghazwaini. Sunan Ibnu Majah. Bairut: Dar Al-Fikri.
Zakariya, Yahya bin Syaraf Al-Nawawi Ibnu. Riyadl Al-Shalihin. Bairut: Al-Maktab Al-islami.
Hosaini, H., Subaidi, S., Hamzah, M. Z., Simbolon, N. Y., & Sutiapermana, A. (2024). Tawheed-Based Pedagogy: Empowering Islamic Education Through Community Engagement And Pesantren Tradition. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 353-360.
Kurniawan, S. (2020). Implikasi Ekstra Kurikuler Terhadap Pendidikan Agama Islam. Nusantara Journal
Alfabeta cet. Ket 1 h. 199. Thn 2016
Na mara, Erick. 2007. 101 Peluan Bisnis Sampingan Bagi Karyawan. Jakarta. Medpres
Nasution. Arman Hakim. 2007, Entrireneurship, membangun spirit teknopreneurship. Yogyakarta: Andi Offse
Nitisenito. Alex s. 1978. Memulai Usaha dengan Model Kecil. Jakarta: ghali Indonesia
Rivai. Veithzal. Dan silviana murni. 2008. Education Managemen . Jakarta:Raja grafindoPersada
Wawancara dengan siswa kelas XI MA Nurul qarnain, Maghfiroh, 10 Maret 2018
Wawancara dengan kepala sekolah MA Nurul Qarnain, Bapak H. Imam Syafi’I M.Pd.I.15 maret 2018
Sa’dun Akbar, Instrumen perangkat pembelajaran,(Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2016).h. 37.
Suhardjono, Gagal Ginjal Kronik. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam, (Jilid II. Edisi Ketiga, FK UI,Jakarta, 2001), 7
Mintowati, Panduan Penulisan Buku Ajar, (Depdikbud : Jakarta, 2003), 23
Wawancara dengan kepala sekolah MA Nurul Qarnain, Bapak H. Imam Syafi’I M.Pd.I. 15 maret 2018
Yanur Setyaningrum, Desain Pembelajaran; Berbasis Pencapaian Kompetensi, Panduan Merancang pembelajaran untuk mendukung Implementasi Kurikulum 2013, Cet. I, (Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2013), 85
Daryanto, Menyusun Modul bahan ajar untuk persapan guru mengajar, Cet.I, (Yogyakarta: Gava Media, 2013),49
Iif Khoiru Ahmadi, Pengembangan dan model Pembelajaran Tematik Integratif, cet.I, (Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2014),160.