Edukasi : Jurnal Mahasiswa Kependidikan Islam http://www.ejournal.unibo.ac.id/index.php/edukasi <p align="justify"><strong>Edukasi</strong> The Islamic Education Study Program publishes a scientific journal called Education with <a href="https://drive.google.com/file/d/1P8VsZ9NdJO_LKBdhV5fTVAC3zz1Fthnq/view?usp=sharing" target="_blank" rel="noopener">e-ISSN. 2963-7759</a> . p-ISSN. Islamic education student journals reap the results of research, studies, and scientific development ideas in the field of Islamic religious education and other scientific fields related to increasing student potential, interdisciplinary students. Twice a year in January and July, we publish a journal of Education. Student education journals accept articles that have never been published. The editor is able to improve the systematics of writing articles without changing the author's content. After going through the editor, review and acceptance process, we publish articles.</p> en-US hosaini2612@gmail.com (Hosaini) mtubiheryandi@gmail.com (M. Tubi Heryandi) Tue, 23 Jul 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.2.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Lulusan Perguruan Tinggi Islam antara Ilmu dan Amal http://www.ejournal.unibo.ac.id/index.php/edukasi/article/view/867 <p>Perguruan tinggi Islam adalah lembaga pendidikan yang mempersiapkan lulusannya memiliki keilmuan sehingga mampu menerapkan ilmunya nanti setelah ia lulus dari bangku kuliah. Selain membangun kemampuan intelektual mahasiswa, perguruan tinggi islam juga membekali mahasiswa dengan nilai-nilai agama. Sehingga nantinya ia sanggup mengabdi pada Masyarakat, bangsa dan negara secara professional dengan mengedepankan kemanfaatan bukan bayaran. Setiap mahasiswa di perguruan tinggi Islam wajib mendalami ilmu-ilmu keislaman&nbsp; selain mempersiapkan keilmuan sesuai bidangnya. Karena keilmuan tersebut menjadi pijakan dalam segala langkah kehidupannya apapun profesinya. Keilmuan tersebut adalah ilmu tentang keimanan, ilmu ibadah dan ilmu akhlak. Sebagai lulusan perguruan tinggi tidak boleh tidak wajib menerapkan keilmuannya sesuai kompetensinya. Karena menerapkan ilmu adalah kewajiban bagi setiap orang yang memiliki ilmu/pengetahuan.</p> Rif'ah Rif'ah, M Tubi Heryandi, Wardani Copyright (c) 2024 Edukasi : Jurnal Mahasiswa Kependidikan Islam http://www.ejournal.unibo.ac.id/index.php/edukasi/article/view/867 Mon, 01 Jul 2024 00:00:00 +0700 Strategi Pengembangan Proses Belajar, Pada Mata Pelajaran Fiqih http://www.ejournal.unibo.ac.id/index.php/edukasi/article/view/958 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi strategi pembelajaran yang digunakan&nbsp; guru fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA Nurut Taqwa. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan, maka dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan menggunakan teknik analisa data model yang sesuai dan relevan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi guru fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih sudah berjalan dengan baik, persiapan guru fiqih dalam mengajar diawali dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), guru mempersiapkan media pembelajaran, guru mempersiapkan dan mempelajari materi pelajaran sebelum mengajar, guru menentukkan pendekatan, model, metode, dan strategi dalam mengajar, dan guru harus memahimi karakter siswa. Interaksi guru didalam kelas sudah baik, karena guru fiqih menempatkan diri sebagai guru, orang tua, dan sahabat. Dengan adanya interaksi yang baik akan mendorong peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran dan tidak segan untuk mengungkapkan permasalahan yang dihadapi yang dapat mengganggu belajarnya. Interaksi guru dengan peserta didik sangat perlu, karena interaksi dapat menentukan keberhasilan peserta didik dalam proses belajar. Interaksi antara guru dan peserta didik dapat menciptakan hubungan timbal balik antara guru dengan peserta didik.</p> Muzammil, Ahmad Mahfud, Muhammad Lukman Habibi , Afiyatus Surur Copyright (c) 2024 Edukasi : Jurnal Mahasiswa Kependidikan Islam http://www.ejournal.unibo.ac.id/index.php/edukasi/article/view/958 Sun, 21 Jul 2024 00:00:00 +0700 Upaya Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas VII SMP Islam Al-Hidyah Tahun Pelajaran 2023/2024 http://www.ejournal.unibo.ac.id/index.php/edukasi/article/view/999 <p>Pada hakikatnya sikap dan perilaku Guru PAI sangat berpengaruh terhadap peserta didik, hal ini disebabkan karena sekolah bukan hanya tempat mencari ilmu pengetahuan saja, akan tetapi sekolah juga merupakan wadah pembentukan karakter disiplin mereka. Maka dari itu Guru PAI diharapkan mampu memberikan contoh atau jadi suri tauladan yang baik kepada para peserta didik sebagaimana pepatah mengatakan “ Jika guru kencing berdiri, maka murid kencing berlari”. Yang artinya jika Guru PAI memberikan contoh yang baik maka pasti akan memberikan dampak yang positif kepada para peserta didiknya.</p> <p>SMP Islam Al-hidayah&nbsp; adalah sekolah yang terletak di Dusun beber lauq Desa pengenjek Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah, merupakan sekolah yang sangat luar biasa bagi peneliti.</p> <p>Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan, peneliti menemukan berbagai macam temuan salah satunya adalah karakter disiplin yang ada pada diri peserta didik lebih-lebih Guru PAI yang ada di SMP ISLAM AL-HIDYAH</p> <p>Oleh sebab itu, berdasarkan beberapa gambaran uraian diatas, maka peneliti tertarik untuk meneliti lebih jauh tentang “<strong>Upaya Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas VII SMP ISLAM AL-HIDYAH Tahun Pelajaran 2023/2024”</strong></p> Rifawan Efendi, Dahani Kusuma Wati Copyright (c) 2024 Edukasi : Jurnal Mahasiswa Kependidikan Islam http://www.ejournal.unibo.ac.id/index.php/edukasi/article/view/999 Tue, 25 Jul 2023 00:00:00 +0700 Penerapan Metode Demonstrasi Pada Materi Sholat Dalam Pembelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Di Madrasah Aliyah Syamsuth Tholibin Pakuniran Maesan Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024 http://www.ejournal.unibo.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1000 <p>Metode demonstrasi adalah teknik mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan suatu kegiatan secara langsung melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan. Metode ini digunakan agar peserta didik menjadi lebih paham terhadap materi yang dijelaskan karena menggunakan alat peraga dan menggunakan media visualisasi yang dapat membantu peserta didik untuk lebih memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi pada materi sholat dalam pembelajaran fiqih di kelas X Madrasah Aliyah Syamsuth Tholibin Pakuniran Maesan Bondowoso tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini berfokus pada maksud dan tujuan untuk mengetahui efektifitas dari penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Syamsuth Tholibin Pakuniran Maesan Bondowoso pada materi sholat dalam pembelajaran fiqih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan rangkaian kegiatan berupa reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa melalui penerapan metode demonstrasi pada materi sholat dalam pembelajaran fiqih di kelas X Madrasah Aliyah Syamsuth Tholibin Pakuniran Maesan Bondowoso terbukti mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam memahami tata cara pelaksanaan sholat dalam pembelajaran fiqih</p> Muhammad Wakil, Rohiqi Mahtum Copyright (c) 2024 Edukasi : Jurnal Mahasiswa Kependidikan Islam http://www.ejournal.unibo.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1000 Wed, 10 Jul 2024 00:00:00 +0700 Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Peningkatan Minat Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMAN 1 Situbondo Tahun Pelajaran 2023-2024 http://www.ejournal.unibo.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1001 <p>Latar belakang masalah: Proses belajar mengajar pada hakekatnya adalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaian dari sumber pesan melalui saluran/media tertentu ke penerima pesan, Pesan yang akan dikomunikasikan adalah isi ajaran atau didikan yang ada dalam kurikulum, sumber pesannya bisa guru, siswa, orang lain atau penulis buku, salurannya adalah media pendidikan, dan penerima pesannya adalah siswa atau juga guru. Seperti halnya media pembelajaran komputer yang menggunakan perangkat lunak , yang salah satunya ialah <em>pemanfaatan media pembelajaran.</em></p> <p>Permasalahan: Bagaimana pemanfaatan media pembelajaran pada pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa di SMA N 1 Situbondo tahun pelajaran 2023/2024? Dan Bagaimana respon siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa di SMA N 1 Situbondo melalui pemanfaatan media pembelajaran tahun pelajaran 2023/2024?</p> <p>&nbsp;</p> <p>Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif lapangan dengan tehnik analisis deskriptif-analitik. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, metode interview serta metode dokumentasi.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui media belajar yang digunakan serta pengembangan yang telah dilakukan oleh guru pada pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Situbondo sehingga diharapkan dari penelitian ini bisa diambil manfaat berupa memperkaya informasi ilmu pendidikan agama Islam yang khususnya pada bidang teknologi pendidikan serta mempunyai nilai strategis bagi praktisi pendidikan, baik guru, orang tua, siswa maupun sekolah itu sendri.;</p> <p>&nbsp;</p> <p>Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan media pembelajaran PAI SMA N 1 Situbondo, secara umum dapat dikatakan baik. Hal ini berkaitan dengan tujuan pendidikan nasional pada umumnya dan tujuan Pendidikan Agama Islam pada khususnya. Tujuan pembelajaran agama Islam di SMA Negeri 1Situbondo, tidak menyimpang dengan tujuan pendidikan nasional dan tujuan Pendidikan Agama Islam itu sendiri</p> M. Ramdani Rahmat A.Rosid P, Hosaini Copyright (c) 2024 Edukasi : Jurnal Mahasiswa Kependidikan Islam http://www.ejournal.unibo.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1001 Mon, 22 Jul 2024 00:00:00 +0700