Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Pembinaan Moralitas Siswa

Authors

  • Agus Readi STIT Bustanul Arifin Bener Meriah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61595/progresif.v11i2.1169

Keywords:

Buku Ajar Bahasa Indonesi, Integrasi, Nilai-nilai, PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan merumuskan konsep pengembangan buku ajar Bahasa Indonesia yang terintegrasi dengan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai strategi dalam pembinaan moralitas siswa. Penguatan karakter melalui pembelajaran Bahasa Indonesia perlu diarahkan tidak hanya pada aspek kebahasaan dan sastra, tetapi juga pada internalisasi nilai-nilai spiritual dan etis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah systematic literature review (SLR) dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai literatur akademik relevan dalam sepuluh tahun terakhir terkait buku ajar, integrasi nilai agama, dan pembentukan karakter siswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai PAI seperti kejujuran, tanggung jawab, sopan santun, dan toleransi dalam materi ajar Bahasa Indonesia mampu menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan kontekstual. Buku ajar yang dikembangkan secara integratif tidak hanya meningkatkan kompetensi berbahasa siswa, tetapi juga memperkuat moralitas dan kesadaran beragama mereka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan integratif antara Bahasa Indonesia dan PAI sangat efektif dalam mendukung pendidikan karakter. Implikasinya, pendidik dan pengembang kurikulum perlu merancang bahan ajar yang tidak sekadar informatif, tetapi juga transformatif dalam membentuk kepribadian siswa secara holistik.

Downloads

Published

2023-11-21