Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Open Ended Problems Materi Operasi Pecahan
Keywords:
Kemampuan berpikir kreatif, open ended problems, operasi pecahanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan indikator kelancaran (fluency), keluwesan flexibility, dan keslian (originality) dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi operasi pecahan. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan populasi siswa kelas IV di SDN Bataan 2 Bondowoso. Teknik purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel agar sampel sesuai dengan kriteria yang ditentukan, sehingga terpilih tiga siswa yang menjadi subjek penelitian. Instrumen yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menggunakan analisis presentase. Berdasarkan analisis data diperoleh untuk indicator kelancaran kelancaran (fluency) sebesar 87,5%, keluwesan flexibility sebesar 75%, dan keslian (originality) sebesar 25%.