PENGARUH TEMPERAMEN TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN RANAH KOGNITIF TAXONOMY BLOOM

Authors

  • Furi styo Siskawati
  • Sunarto Sunarto

DOI:

https://doi.org/10.61595/progresif.v2i2.232

Keywords:

taxonomy bloom, temperamen, soal cerita matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah temperamen berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan ranah kognitif Taxonomy Bloom, untuk mengetahui bagaimana pengaruh temperamen terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan ranah kognitif Taxonomy Bloom. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa temperamen tidak berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan ranah kognitif Taxonomy Bloom dengan hasil F hitung 0.26 dan F tabel 3.01 maka F hitung < F tabel maka mean tiap kelompok sama sehingga tidak dapat dikatakan temperamen berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan ranah kognitif Taxonomy Bloom. Karena temperamen tidak berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan ranah kognitif Taxonomy Bloom maka tidak dapat dikatakan bahwa temperamen memberikan pengaruh yang cukup tinggi.

Downloads

Published

2014-11-02