PENGARUH TEMPERAMEN TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN RANAH KOGNITIF TAXONOMY BLOOM
DOI:
https://doi.org/10.61595/progresif.v2i2.232Keywords:
taxonomy bloom, temperamen, soal cerita matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah temperamen berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan ranah kognitif Taxonomy Bloom, untuk mengetahui bagaimana pengaruh temperamen terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan ranah kognitif Taxonomy Bloom. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa temperamen tidak berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan ranah kognitif Taxonomy Bloom dengan hasil F hitung 0.26 dan F tabel 3.01 maka F hitung < F tabel maka mean tiap kelompok sama sehingga tidak dapat dikatakan temperamen berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan ranah kognitif Taxonomy Bloom. Karena temperamen tidak berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan ranah kognitif Taxonomy Bloom maka tidak dapat dikatakan bahwa temperamen memberikan pengaruh yang cukup tinggi.