Penerapan Scientific Approach dengan Media Interaktif Kartu PecahanTerhadap Hasil Belajar Kelas 3 MIS NURUL HASAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Siti Ulfiah
  • Agus Kadarmanto
  • Amalia Martha Santosa

Keywords:

media kartu pecahan, pemahaman siswa, pecahan.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengukur dan mendeskripsikan kemampuan siswa kelas III MIS Nurul Hasan Bondowoso dalam pembelajaran matematika materi “membandingkan pecahan” sebelum dan sesudah menggunakan media kartu pecahan, serta mengetahui peningkatan signifikansi pemahaman siswa kelas III MIS Nurul Hasan Bondowoso pada materi “membandingkan pecahan” setelah menggunakan media kartu pecahan. Metode penelitian yang digunakan adalahrancangan pra eksperimen dengan populasi siswa kelas III MIS Nurul Hasan Bondowoso yang berjumlah 15 orang siswa. Instrumen yang digunakan yaitu soal pretes dan posttest . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: rata-rata pemahaman siswa dilihat dari hasil skor pretest siswa sebesar 66,7 , sedangkan rata-rata pemahaman siswa dilihat dari skor posttest siswa sebesar 78,4 Hal ini dibuktikan dengan perolehan rata-rata nilai posttest lebih besar dari nilai pretest.Berdasarkan hasil di atas perbandingan hasil belajar matematika siswa pada pra tindakan yang telah tuntas sebanyak 5 siswa (33,3 %) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 10 siswa (66,7 %) dan jumlah siswa adalah 15 siswa. Pada siklus I yang telah tuntas sebanyak 12 siswa (80%) sedangkan yang belum tuntas adalah 3 siswa (20%)

Downloads

Published

2024-08-10

Most read articles by the same author(s)