PEMECAHAN MASALAH SOAL MATEMATIKA TERBUKA SISWA SD MATERI PECAHANMENGGUNAKAN TAHAPAN POLYA
Keywords:
Pemecahan masalah, soal matematika terbuka, pecahanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil tespemecahan masalahmatematika terbuka siswa SD menggunakan tahapan Polyapada materipecahan. Adapun tahapan Polya yang dimaksud yaitu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan melihat kembali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu8 siswaSDN Bataan 2kelas 4. Instrumen yang digunakanyaitu lima soal pemecahan masalahmatematika materi pecahan dan wawancara semi struktur. Hasil jawaban soalmatematika materi pecahanmenunjukkan bahwa3 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 3 siswa berkemampuan rendah. Kemudian dilakukan wawancara terhadap 3 siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Hasil dari jawaban siswa dan wawancara menunjukkan bahwa pemecahan masalahsiswa dengan kemampuan tinggi melaksanakansemua indikator pemecahan masalah menggunakan tahapan Polya. Sedangkan, pemecahan masalah siswa dengan kemampuan sedang hanya melaksanakan tiga indikator. Siswa dengan kategori rendah hanya mampumelaksanakan dua indikatorpemecahan masalahberdasarkan langkah Polya.