PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA YOUTUBE MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Authors

  • Emil Gufron

Keywords:

Pengembangan, Media pembelajaran youtube, Aritmatika Sosial

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Adapun tahapan dala penelitian yaitu:tahapujicobaperorangan, ujicoba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Subjek penelitian ini adalah siswakelas X SMP Ar Rahman, Pejaten Bondowoso sebanyak 20 peserta didik, yang terdiri dari 3 peserta didikuntukujicobaone-to one (perorangan), 5 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil,dan 20 peserta didik untuk uji coba kelompok besar. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah gabungan analisis kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran menggunakan media youtube layak digunakan dalam pembelajaran di kelas. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penilaian media pembelajaran pada: yang di peroleh dari proses validasi yang dilakukan oleh ahli materi menunjukan kategori “baik” dengan rerata skor 4,10, oleh ahli media menunjukan kategori “sangat baik” dengan rata-rata skor akhir 4,39, oleh ahli bahasa menunjukan kategori “sangat baik” dengan rata-rata skor akhir 4,53, oleh praktisi menunjukan kategori “sangat baik “dengan rata-rata skor akhir 4,70, pada saat uji coba perorangan menunjukan kategori “sangat baik” dengan rata-rata skor akhir 4,21, pada uji coba kelompok kecil menunjukan kategori “sangat baik” dengan rata-rata skor 4,46.

Downloads

Published

2023-02-20

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)