Peningkatan Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa
Keywords:
Problem Posing, Kemampuan Pemahaman Konsep.Abstract
Pemahaman siswa pada pelajaran Matematika dapat dikatakan rendah. Kelebihan dari pembelajaran ini antara lain untuk mendidik siswa untuk berpikir kritis, membuat siswa aktif berpartisipasi dalam kegiatan belajar, membelajarkan siswa untuk menganalisa suatu masalah, dan mendidik kepercayaan siswa. Di sisi lain, siswa kelas VII SMPN 5 PANJI masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika, terutama soal bilangan bulat. Dengan kondisi tersebut, peneliti ingin melakukan eksperimen untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing pada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMPN 5 PANJI. Desain eksperimental yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain posttes-only control group. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan menetapkan kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Data mengenai kemampuan pemahaman konsep diambil dengan menggunakan instrumen berbentuk tes deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran dengan model problem posing memungkinkan siswa untuk mencapai pemahaman konsep dimana indikator untuk mengemukakan konsep, menerapkan konsep atau pemecahan masalah, dan mengklasifikasikan objek menurut sifat tertentu sesuai dengan konsep.